Sukses

6 Cara Dongkrak Penghasilan dengan Bekerja Lebih Ringan

Berikut enak cara langkah yang dapat dilakukan agar dapat bekerja lebih pintar:

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar orang berpikir Anda harus benar-benar bekerja keras dalam waktu lama demi dapat menghasilkan uang yang banyak. Faktanya, ternyata tidak seperti itu. Banyak orang sukses di dunia yang menganut paham ‘bekerja dengan pintar, bukan keras’.

Ternyata, kulitas hidup Anda ditentukan dengan seberapa baik Anda memanfaatkan waktu ketika Anda terjaga. Melihat hal ini, menemukan cara dalam memaksimalkan waktu libur Anda tanpa mengorbankan tujuan yang selama ini Anda buat merupakan kunci utama menuju tangga kesuksesan.

Hal utama yang harus diingat untuk menerapkan filosofi bekerja lebih pintar dibandingkan bekerja lebih keras adalah Anda akan mampu mendapatkan waktu lebih banyak untuk menyalurkan hobi dan hubungan Anda. Sebagai gantinya, Anda pun akan merasa lebih nyaman dan akan berdampak pada produktivitas kerja yang akan meningkat di jangka waktu lebih pendek.

Lalu, apa saja yang harus Anda lakukan agar dapat bekerja dengan lebih pintar? Seperti yang dikutip dari laman Lifehack.com, Jumat (14/8/2015). Berikut enam langkah yang dapat Anda ikuti:

1. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang berbakat

Para pengusaha sukses yang mampu mencapai kesuksesan finansial percaya mereka tidak dapat melakukan semuanya sendiri. Berkumpul dengan orang-orang yang berbakat tidak hanya dapat membantu Anda untuk mencapai tangga kesuksesan, kehadiran orang-orang ini juga akan mampu memberikan Anda kesempatan untuk mendelegasikan beberapa tugas penting pada mereka.

2. Kurangi pekerjaan yang tidak perlu

Mana yang lebih Anda ingin lakukan, menghabiskan seluruh waktu Anda untuk mengurusi keuangan perusahaan atau menghabiskan waktu bersama keluarga? Ya, tentu saja berkumpul bersama keluarga, bukan?. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan waktu luang lebih banyak adalah dengan mengurangi pekerjaan yang tidak perlu. Hal ini juga akan menolong Anda untuk terhindar dari kesalahan yang biasa dilakukan perusahaan, yaitu bekerja dengan waktu yang sangat panjang dalam seminggu.

3. Pandai membaca kesempatan

Dalam perjalanannya, Anda akan dihadapkan dengan begitu banyak peluang bisnis. Setiap peluang bisnis memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, namun bukan berarti Anda harus mengambil seluruh kesempatan tersebut. Cobalah untuk memilah kesempatan mana yang dapat mendatangkan profit yang lebih besar tanpa harus memaksa Anda untuk melakukan kerja yang lebih banyak lagi.

Sebagai contoh, menggunakan jasa dari perusahaan seperti Redirrect yang membantu para pelaku usaha untuk mengambil keuntungan dari website yang mereka miliki dengan mengatur jalannya traffic yang masuk ke dalam website yang dimiliki. Hal semacam ini tidak menambah pekerjaan bagi para pelaku usaha, namun dapat meningkatkan profit. Hal ini merupakan contoh yang baik mengenai peluang usaha yang dapat Anda manfaatkan.

4. Memblokir Website Sosial Media

Tidak dapat dipungkiri, di era globalisasi yang semakin maju ini kehadiran sosial media sangat penting terutama sebagai penanda kehadiran dan alat promosi di suatu perusahaan. Namun, dibalik manfaat sosial media yang begitu banyak, kehadiran sosial di tengah-tengah masyarakat juga dapat berdampak negatif terutama dalam menurunkan produktivitas kerja di kanntor.

Melihat hal ini, setiap orang yang ingin meningkatkan produktivitas mereka di kantor dan bekerja lebih pintar harus memblokir situs sosial media yang dapat mengganggu fokus kerja mereka. Anda mungkin dapat menambahkan plug-in seperti Stay-Focused untuk memastikan Anda hanya akan mengunjungi situs-situs sosial media apabila berhubungan dengan pekerjaan Anda di kantor.

5. Relaksasi di Alam

Teknik ini mungkin tidak ada hubungannya dengan memaksimalkan waktu kerja yang Anda miliki. Namun, ternyata terdapat penelitian yang membuktikan menghabiskan waktu di alam dapat menjadikan Anda pekerja yang lebih efisien. Bahkan berjalan 15 menit di hutan dapat memberikan manfaat restoratif dan membuat Anda lebih mampu menghasilkan kualitas kerja yang tinggi dalam waktu yang lebih singkat.

6. Menstruktur Jadwal Rapat Anda

Pernahkah Anda merasa waktu Anda habis hanya untuk datang ke berbagai rapat? Kalau Ya, berarti sudah saatnya Anda mengubah kebiasaan tersebut. Demi dapat memaksimalkan waktu kerja Anda, Anda harus rela untuk memotong dan mengurangi agenda rapat yang ada.

Oleh karena itu, cobalah untuk memilih struktur rapat yang komprehensif sehingga semuanya dapat segera diselesaikan tanpa bertele-tele. Manfaat lain dari memotong waktu rapat yang tidak perlu adalah karyawan Anda akan mampu untuk belajar mengkomunikasikan semua yang dibutuhkan dalam satu waktu, sehingga tidak diperlukan adanya pertemuan-pertemuan berikutnya. (Vina M/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini