Sukses

3 Kesalahan Perluasan Merek yang Harus Dihindari

Kesalahan perluasan merek dapat membuat kehilangan kesempatan untuk mendapatkan respons positif dari konsumen.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak hal dan konsolidasi yang harus dilakukan untuk membuat pemasaran dan perluasan merek (branding) perusahaan Anda. Kesalahan pasti terjadi, misalnya tidak memanfaatkan peluang penjualan, gagal memberikan pengalaman terbaik untuk pelanggan lama, dan sebagainya.

Kesalahan-kesalahan tersebut dapat menyebabkan ulasan buruk dari konsumen dan Anda kehilangan kesempatan mendapatkan respons positif dari mereka. Berikut adalah kesalahan branding yang patut Anda hindari, seperti ditulis Small Biz Trends, Minggu (9/8/2015):

1. Memilih nama yang salah

Pemilihan nama merek yang catchy dan mudah disebarluaskan tidaklah mudah. Ketika Anda telah memilih nama merek yang tepat, coba tanyakan orang-orang sekitar apa pendapat mereka tentang nama itu.

2. Desain merek yang salah

Hal ini mencakup soal desain logo dan tampilan di situs perusahaan Anda. Jangan melakukan desain grafis sendiri, kecuali Anda desainer terkemuka. Desain merek sangat penting karena membangkitkan rasa kepada konsumen potensial. Salah gambar, warna, dan slogan dapat dengan cepat menghambat branding Anda.

3. Pemakaian Search Engine Optimization (SEO) dan sosial media yang salah

Anda dapat menemukan banyak teori SEO agar situs perusahaan berada di peringkat utama mesin pencari situs, seperti Google. Tapi banyak juga yang menggunakannya dengan salah. Sebaiknya apa pun yang Anda lakukan upayakan untuk menaikkan SEO tersebut. Untuk sosial media, bedakan antara berbagi soal merek Anda dengan menghujani orang lain dengan pesan-pesan yang tidak penting. (Elsa A/Ahm)

 

Reporter: Elsa Analet

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.