Sukses

4 Langkah Hemat Rencanakan Liburan

Ingin hemat uang saat berlibur? Yuk simak tips berikut:

Liputan6.com, Jakarta - Libur Lebaran telah usai, tidak ada salahnya jika Anda merencanakan destinasi wisata selanjutnya. Berlibur bisa jadi sangat mahal. Dengan merencanakan sedini mungkin, Anda bisa mencegah upaya mengosongkan rekening di bank.

"Banyak orang ingin berlibur dan ingin mendapatkan harga terbaik untuk pengalaman tersebut," kata Vice Presiden American Express Travel, Laura Fink, kepada Fox Business, Minggu (9/8/2015).

Berikut empat tips agar Anda dapat menghemat uang ketika berlibur:

1. Akumulasikan dan gunakan rewards kartu kredit

Imbalan atau rewards atas penggunaan kartu kredit yang Anda punya terkadang terlupakan. Padahal, dari poin rewards tersebut Anda bisa mendapat potongan harga tiket pesawat dan hotel. Bahkan ketika Anda menggunakannya akan ada akumulasi poin tambahan.

2. Carilah harga diskon

"Ketika merencanakan liburan, pastikan Anda terdaftar untuk informasi terkini soal diskon tiket pesawat atau hotel, baik melalui surat elektronik atau sosial media," kata Direktur Komunikasi Pemasaran Travelocity, Keith Nowak.

Sebelum melakukan pembayaran, bacalah ulasan orang lain tentang kamar hotel atau pelayanan pesawat yang Anda inginkan. Hal ini akan membuat kepercayaan diri Anda bertambah untuk mengeluarkan uang.

3. Pesan kamar hotel dan tiket pesawat bersamaan dan sedini mungkin

Dengan memesan jauh sebelum hari bepergian, uang yang Anda simpan akan jauh lebih banyak. Selain itu, memberikan waktu lebih banyak kepada Anda untuk memilih berbagai jenis hotel dan maskapai yang tersedia. Harga kamar hotel berfluktuasi dan cenderung naik ketika memasuki hari ketujuh sampai ke-21 sebelum tanggal yang Anda inginkan.

4. Cari diskon untuk makan

Anda bisa mencari diskon restoran di situs, seperti Groupon dan LivingSocial. Tidak hanya makanan, Anda mungkin mendapat diskon untuk tempat wisata atau aktivitas berlibur lainnya. Mungkin nilainya tidak besar, tapi menghemat uang sekecil apapun akan sangat berarti dan bisa dialokasikan untuk kebutuhan liburan Anda. (Elsa A/Ahm)

 

Reporter: Elsa Analet

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.