Sukses

Industri Kreatif Bisa Angkat Ekonomi RI

Menteri Perindustrian Saleh Husin optimistis dengan pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perindustrian Saleh Husin optimistis dengan pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia. Selain menciptakan lapangan kerja, ekonomi kreatif juga memacu pertumbuhan ekonomi.

"Ekonomi kreatif bisa menjadi katalis industri baru, juga akselerator atau pemercepat aktivitas ekonomi yang sudah ada. Artinya sangat jelas, pelaku, pekerja hingga konsumennya turut mendorong pertumbuhan ekonomi," ujarnya dalam keterangan tertulis di Banten, Selasa (4/8/2015).

Saleh mengatakan, rata-rata para pelaku ekonomi kreatif masih berusia muda. Maka dengan bekal pengalaman, pendidikan, pergaulan dan keterbukaan anak-anak muda ini bisa menjadi motor kreativitas yang tidak terbatas.

"Pemerintah sangat mengapresiasi dan berterimakasih pada para pelaku ekonomi kreatif. Dengan beragam produk, mereka memberikan sentuhan inovasi kreasi dan teknologi sehingga mendongkrak nilai tambah," lanjut dia.

Saleh juga menegaskan bahwa pihaknya siap mempererat koordinasi dengan lembaga dan kementerian lainnya seperti Badan Ekonomi Kreatif, Kementerian Kominfo , Kemenristek dan Dikti, Kementerian Perdagangan serta komunitas pelaku industri kreatif. Salah satunya ialah menggodok formula kebijakan yang mempercepat pertumbuhan ekonomi kreatif.

"Orientasinya adalah mencari solusi dan kebersamaan. Apa-apa yang dibutuhkan rekan-rekan pelaku, kita bahas bersama dan tentukan strategi pemecahan masalahnya secara sinergis," tandasnya. (Dny/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.