Sukses

Permintaan Warga Kepulauan Seribu kepada Jokowi

Teras BRI berupa unit kerja perseroan yang berupa kapal akan melayani enam pulau di Kepulauan Seribu.

Liputan6.com, Jakarta - Warga Kepulauan Seribu kini lebih mudah melakukan transaksi keuangan. Mereka tak perlu repot-repot menyeberang lautan hanya sekadar bertransaksi perbankan.  

Manajemen PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) meluncurkan unit kerja di atas kapal yang disebut Teras BRI Kapal. Kapal ini sendiri akan melayani enam pulau Kepulauan Seribu di antaranya  Pulau Pramuka, Tidung, Kepala, Untung Jawa, Harapan, dan Panggang. Saat peluncuran tersebut dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) serta beberapa jajaran Menteri Kabinet Kerja.

Di hadapan Jokowi, para warga mengapresiasi atas layanan itu melalui video conference. Warga Pulau Pramuka, Novi mengatakan, layanan tersebut memudahkan warga melakukan transaksi perbankan.

Selain itu, dia meminta supaya PT Bank Rakyat Indonesia Tbk mendirikan kantor layanan serta layanan mesin ATM. Tak hanya itu, Novi juga mengharapkan pemerintah dapat memperbaiki pelabuhan Kali Adem yang juga dijadikan tempat peluncuran Teras BRI guna mendukung pariwisata.  "Pelabuhan Kali Adem dipercantik. Insya Allah meningkatkan wisata," ujar Novi, Selasa (4/8/2015).

Warga lain di Pulau Panjang, M. Yusuf Makruf mengatakan layanan Teras BRI kapal memudahkan masyarakat bertransaksi di sektor perbankan.

"Guru yang tadinya ambil tunjangan di Jakarta sekarang dilayani di Teras BRI Kapal. Sekarang tidak perlu ke Jakarta," kata Yusuf.

Selain itu, Yusuf juga meminta keringanan kredit untuk mendukung usaha masyarakat. Jaminan kredit itu, Yusuf mengharapkan tidak memakai sertifikat rumah. Lantaran pinjaman yang digunakan untuk budidaya ikan.

Selain melayani transaksi perbankan, Teras BRI juga diluncurkan untuk memperkenalkan masyarakat di daerah terpencil dengan produk perbankan.
"Peluncuran Teras BRI Kapal merupakan upaya BRI untuk menjembatani kesulitan akses yang dialami di daerah terpencil," kata Direktur Utama BRI, Asmawi Syam.

Teras BRI ini mulai debut di wilayah Kepulauan Seribu yang juga menjadi lokasi beroperasi. Teras BRI Kapal beroperasi di kapal Bahtera Seva I dan akan berkeliling melayani enam pulau. Adapun enam pulau itu di antaranya Pulau Pramuka, Tidung, Kepala, Untung Jawa, Harapan, dan Panggang. Teras Kapal BRI akan beroperasi pada hari Senin sampai Jumat dari pukul 07.30 hingga 16.30 WIB.

Tak berbeda dengan kantor layanan pada umumnya, fasilitas pada Teras BRI akan melayani produk simpanan dan pinjaman hingga pembayaran. Tersedia pula Agen BRILink yang merupakan perpanjangan dari layanan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. Di dalam kapal tersebut juga terdapat ATM yang berfungsi selama 24 jam secara online.

Ke depan, perseroan juga berencana memperbanyak layanan. Saat ini, BRI sedang menjajaki beberapa wilayah di antaranya gugusan pulau di Ternate, Bau-bau dan Tanjung Selor. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.