Sukses

Hasil Sidak: Stok BBM, Elpiji dan Listrik Aman Saat Lebaran

Menteri ESDM Sudirman Said melakukan sidak guna memastikan ketersediaan BBM, elpiji dan listrik aman saat lebaran.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menjamin kecukupan pasokan energi yaitu bahan bakar minyak (BBM), elpiji dan listrik saat Hari Raya Idul Fitri.

Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan, pihaknya telah melakukan pemantauan persiapan menghadapi Ramadan dan Idul Fitri sejak sebulan lalu.

"Kami terus lakukan persiapan pemantauan untuk meyakinkan kebutuhan energi BBM cukup, juga listrik untuk masyarakat menghadapi hari penting. Hari lebaran adalah hari keluarga, masyarakat reuni, jangan sampai terganggu," kata Sudirman di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (15/7/2015).

Dari hasil sidak yang telah dilakukannya pagi ini, terdapat peningkatan konsumsi elpiji 3 kilogram (kg) sekitar 10 persen. Kenaikan tersebut disebabkan oleh aktifitas masyarakat dalam memasak hidangan untuk menyambut lebaran.

"Tadi saya cek naik 10 persen mungkin permintaan musiman karena bikin kue ketupat," tuturnya.

Sudirman menjamin tidak ada gangguan pasokan elpiji, BBM dan listrik saat lebaran. Ia pun meminta masyarakat tidak panik jika terjadi gejolak di pasar.

"Tidak ada gangguan pasokan listirk BBM dan BBG," terangnya.

(Pew/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini