Sukses

Libur Lebaran, Pelni Siapkan Paket Tur ke Karimunjawa

Pelni akan bekerjasama dengan Pelindo II, Pelindo III dan Pelindo IV untuk sambungan angkutan gratis yang ditujukan pada kampung penumpang.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pelni (Persero) siap mengamankan arus mudik dengan menambah beberapa armada untuk rute dengan mengalami lonjakan pemudik. Selain itu, Direktur Utama PT Pelni (Persero) Sulistyo Wimbo Hardjito mengatakan, perseroan juga akan menyediakan paket tur wisata ke Karimunjawa pada libur Lebaran nanti.

"Untuk menambah suasana Lebaran, maka di Semarang kami sediakan kapal untuk tur berbayar ke Karimunjawa yang selama tiga hari," terangnya saat temu media di rumah dinas Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), di Jakarta, seperti ditulis Minggu (21/6/2015).

Dia menjelaskan, masyarakat di Jawa Tengah terutama yang tinggal di Semarang dan sekitarnya dan juga yang tinggal dekat dengan Pulau Karimunjawa justru jarang berwisata ke tempat tersebut.

Menurutnya, layanan yang akan diberikan oleh Pelni tersebut merupakan salah satu langkah guna mendorong masyarakat Semarang untuk bisa berekreasi ke Karimunjawa.

Fokus pada pemudik, Pelni memperkirakan, lonjakan tertinggi pemudik terjadi di rute Batam ke Medan, Balikpapan-Surabaya dan Makasar. "Itu kami sediakan kapal seperti setrikaan, melayani dua lokasi. Dari Balikpapan ke Surabaya kami sediakan kapal berkapasitas 3 ribu penumpang," terangnya.

Ia juga menjelaskan, Pelni akan bekerjasama dengan Pelindo II, Pelindo III dan Pelindo IV untuk sambungan angkutan gratis yang ditujukan pada kampung-kampung penumpang.  Misalnya, penumpang yang turun di Semarang bisa langsung menuju ke Kudus atau Pati.

"Penumpang yang akan turun di Surabaya juga bisa langsung melanjutkan perjalanan ke ke Lamongan atau terminal bus," tandasnya. (Sis/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini