Sukses

Cek Harga Jelang Puasa, Mentan Sidak ke Pasar Kramat Jati

Mentan Amran Sulaiman melakukan tinjauan ke Pasar Induk Kramat Jati guna memantau harga sayuran jelang Ramadan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertanian Amran Sulaiman melakukan tinjauan ke Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur guna memantau harga dan pasokan sayuran jelang Ramadan.

Amran yang mengenakan kemaja batik lengan panjang berwarna merah tiba di pasar tersebut sekitar pukul 06.00 WIB dan langsung mengunjungi beberapa pedagang sayuran, salah satunya pedagang bawang merah.

Amran mengungkapkan, harga bawang merah di Pasar Induk Kramat Jati mencapai 27 ribu per kilogram (kg). Padahal hasil tinjauan yang dia lakukan di Brebes sekitar Rp 14 ribu.

"Harga bawang merah Rp 27 ribu per kg, pedagangan langsung beli di Brebes, hampir Rp 18 ribu. Tapi kami kemarin cek Rp 14 ribu," ujarnya di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (8/6/2015).

Aktivitas pembersih bawang di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Jumat, (13/3/2015). Harga bawang merah di sejumlah pasar menembus Rp 30 ribu per kg atau mengalami kenaikan Rp 2000-5000/kg. (Liputan6.com/Yoppy Renato)



Dia mengatakan perbedaan harga ini diperkirakan karena aksi tengkulak yang memanfaatkan momen jelang Ramadan dengan menaikkan harga untuk mendapatkan keuntungan lebih besar.

"Mungkin ada tengkulaknya. Beri tahu tengkulak kita mau Ramadan, jangan tinggi-tinggi," lanjutnya.

Meski demikian, Amran memastikan bahwa pasokan sayuran selama Ramadan dan jelang lebaran akan mencukupi.

"Tapi pasokan cukup kan, yang penting jangan impor. Saya minta pedagang jangan dinaikkan lagi, kalau bisa diturunkan," tandasnya. (Dny/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.