Sinergi 3 BUMN Jaga Ketahanan Energi Nasional

Oleh Pebrianto Eko Wicaksono pada 28 Mei 2015, 16:52 WIB
Diperbarui 28 Mei 2015, 16:52 WIB
Ilustrasi Perusahaan Minyak dan Gas Pertamina (2)
Perbesar
Ilustrasi Perusahaan Minyak dan Gas Pertamina

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bekerja sama menyalurkan Bahan Bakar Minyak (BBM) guna mendukung program tol laut dan ketahanan energi nasional. Kesepakatan kerja sama itu dilakukan PT Pertamina (Persero), PT Pelabuhan Indonesia II (Persero), dan PT ASDP Ferry (Persero) untuk mendukung program tol laut dan ketahanan energi nasional.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto mengatakan, kerja sama Pertamina dengan Pelindo II terkait investasi pembangunan, pengembangan dan pengoperasian terminal BBM serta penyediaan pasokan BBM khususnya di Pelabuhan New Priok, Kalibaru.

"Terminal BBM yang akan dibangun pada tahap awal direncanakan berkapasitas 500 ribu Kilo liter," kata Dwi, di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Kamis (28/5/2015).

Dwi menambahkan, kerja sama dengan ASDP Ferry dalam bentuk penyediaan BBM dan pelumas untuk kapal ferry yang beroperasi di seluruh wilayah operasional ASDM Indonesia.

"Kami menyambut dengan sangat antusias sinergi antar BUMN ini, Pelindo II dan ASDP dapat dikatakan sebagi BUMN garda terdepan untuk penciptaan interkoneksi nusantara, sesuai dengan program pemerintah," kata Dwi.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno yang menyaksikan kesepakatan tersebut mengungkapkan, selain untuk mencetak keuntungan BUMN juga kepanjangan tangan pemerintah untuk menggenjot pembangunan.

Sinergi antara Pertamina, Pelindo II dan ASDP model kerja sama di antara BUMN dapat berkontribusi bagi pembangunan khususnya infrastruktur BBM yang akan mendukung ketahanan energi nasional. "Dengan sinergi ini akan menjadikan tugas Pertamina lebih mudah dibanding disediakan sendiri," kata Rini. (Pew/Ahm)