5 Tips Tetap Produktif Saat Kerja di Rumah

Oleh Indy Keningar pada 26 Mei 2015, 07:00 WIB
Diperbarui 26 Mei 2015, 07:00 WIB
5 Tips Tetap Produktif Saat Kerja di Rumah
Perbesar
Kerja di rumah bisa jadi jebakan untuk tidak produktif. Waspadalah!

Liputan6.com, New York - Bekerja di rumah memang terdengar cukup menyenangkan karena Anda tidak harus bangun pagi-pagi untuk berjibaku dengan macet. Selain itu, bekerja di rumah juga tidak perlu terkekang dengan aturan kantor.

Namun, Anda mungkin tidak pernah mendengar bagaimana mereka yang bekerja di rumah harus berjuang dalam beradaptasi dari kehidupan kantoran. Baik bekerja freelance atau sedang membangun bisnis, bekerja di rumah tetap membutuhkan kedisiplinan dan struktur.

Banyak orang yang mencoba bekerja di rumah namun tidak terlalu keras dan membiarkan diri menjadi terlalu nyaman. Hasilnya ternyata pekerjaan tidak akan selesai.

Berikut adalah 5 hal yang perlu Anda praktikkan agar tetap produktif walau bekerja di rumah, seperti mengutip Huffington Post, Selasa (26/5/2015):

Berpikir seperti bekerja kantoran
Salah satu persyaratan untuk perusahaan berjalan lancar adalah adanya struktur. Jam kerja, daftar apa yang perlu dikerjakan setiap harinya, dan deadline. Inilah yang menjadi jebakan bagi mereka yang bertransisi kerja di rumah. Salah satu trik untuk mensiasatinya adalah berpura-pura bahwa Anda merupakan pemilik perusahaan. Buat jadwal sedetil mungkin, dan berlatihkan mendisiplinkan diri.

Eliminasikan faktor distraksi
Televisi, smartphone, dan internet merupakan faktor distraksi nomor satu. Jangan ada alasan lagi. Matikan telepon genggam dan televisi selama bekerja.

Jadwalkan waktu istirahat
Penekanan ada pada kata jadwalkan. Anda perlu beristirahat untuk mengurangi stres. Jadwalkan waktu istirahat bekerja selama 10 menit hingga 15 menit, dan waktu makan siang selama satu jam. Manfaatkan waktu itu untuk melakukan peregangan, makan, dan bahkan bersosialisasi secara langsung atau melalui media sosial.

Kenakan pakaian yang bagus
Sadar atau tidak, apa yang Anda kenakan secara bawah sadar mengontrol perilaku Anda. Mengenakan pakaian tidur sepanjang hari, atau bahkan tidak mandi terbukti merupakan faktor Anda merasa malas.

Saat baru bangun, langsung cuci muka, mandi, sisir rambut, gunakan make-up, atau apapun yang akan Anda lakukan selayaknya akan pergi bekerja. Dengan begitu, Anda akan merasa jauh lebih siap dalam menyelesaikan pekerjaan.

Lokasi itu penting
Jika dalam hal nyaman, Anda mungkin berpikir untuk bekerja di tempat tidur. Namun, hal ini tidak dianjurkan, karena terbukti, bekerja di tempat tidur membuat Anda merasa lebih malas. Lingkungan sangat berpengaruh pada tingkat produktivitas, sehingga, Anda sebaiknya cari tempat lebih kondusif.

Tidak semua orang bisa punya ruang kerja sendiri di rumah, namun pilihlah lokasi yang sunyi dan bisa memudahkan Anda menyelesaikan pekerjaan. Jika merasa jenuh dengan lokasi, Anda juga bisa pergi ke kedai kopi atau perpustakaan terdekat. (Idy/Gdn)