Sukses

Gubernur BI Harap Bankir RI Jadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri

Gubernur BI, Agus Martowardojo mengatakan, bila bank di Indonesia banyak dipimpin oleh bankir asing akan menjadi kemunduran.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo berharap bankir-bankir Indonesia menjadi petinggi bank di Tanah Air. Hal itu agar bankir Indonesia dapat bersaing dengan asing terutama menuju integrasi perbankan ASEAN.

"Paling tidak Direktur Utama dan Komisaris Utama adalah bankir IBI," kata Agus saat membuka Kongres/Rapat Umum Anggota (RUA) Ikatan Bankir Indonesia (IBI) di Jakarta, Kamis 921/5/2015).

Dia mengatakan, bankir asing merupakan sebuah tantangan ke depannya. Pihaknya menuturkan jika perbankan di Indonesia banyak dipimpin oleh bankir asing akan menjadi kemunduran.

"Perbankan ada 118 bank, banyak yang menjadi bank besar dan menengah. Kalau melihat ikatan IBI tidak bisa menjadi Direktur Utama dan Komisaris di bank-bank Indonesia sungguh ini kemunduran," ujar Agus.

Karena itu, strategi matang diperlukan untuk bersaing dengan bankir asing. Agus sendiri memberi apresiasi terhadap IBI, lantaran dengan ada organisasi ini menjadi wadah peningkatan kompetensi para bankir. Terlebih, lanjut Agus, IBI telah melakukan sertifikasi serta penerbitan buku-buku yang menunjang para bankir.

"Untuk memajukan sektor yang dijalankan asosiasi sudah baik sekali. Ada buku-buku diterbitkan, standar dijalankan, bisa menggelar kongres. Itu sangat membanggakan proses ke depan dapat dijalankan," tandas dia. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini