Sukses

Ikan Hias RI Makin Dikenal Dunia

Penyelenggaraan pameran ikan hias diharapkan efektif mendongkrak ikan hias Indonesia di dunia internasional.

Liputan6.com, Jakarta - Keanekaragaman ikan hias yang dimiliki oleh Indonesia rupanya mampu menarik pecinta ikan hias di negara lain. Buktinya, Indonesia menjadi tuan rumah pameran ikan hias untuk kedua kali, khususnya ikan koi berskala Internasional yaitu Asia Cup Young Koi Show 2015.

Direktur Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Saut P. Hutagalung mengatakan, pameran ini merupakan hasil kerja sama antara Asosiasi Pecinta Koi Indonesia (APKI), Zen Nippon Airinkai (ZNA) Chapter Surabaya dan Direktorat Jenderal P2HP KKP.

"Ini suatu kegiatan pameran dan kontes ikan hias koi bertaraf internasional, yang sebelumnya telah diselenggarakan di Bandung, China dan Taiwan," ujar Saut di Jakarta, Senin (4/5/2015).

Dia mengungkapkan, penyelenggaraan pameran semacam ini efektif untuk mendongkrak nama ikan hias, khususnya ikan koi asal Indonesia di dunia internasional.

"Ini untuk meningkatkan minat masyarakat untuk memelihara ikan hias koi, meningkatkan citra ikan hias Indonesia di dunia internasional, dan mendukung program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya pembudidaya ikan hias koi," lanjutnya.

Selain itu, pameran ini diharapkan sebagai sebagai salah satu upaya penguatan branding ikan hias nasional dan dapat memberikan kontribusi positif dalam mewujudkan Indonesia menjadi eksportir ikan hias terbesar di dunia pada 2020.

"Kegiatan ini akan melibatkan seluruh pencinta ikan hias koi di seluruh Tanah Air dan luar negeri khususnya Asia dengan target peserta sebanyak lebih dari 200 orang dan jumlah ikan mencapai lebih dari 1.000 ekor," kata Saut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.