Sukses

China Buka Peluang Kerja Besar-besaran buat Pemuda Asia Afrika

Presiden Xi Jinping mengumumkan akan menawarkan peluang kerja besar-besaran bagi para calon tenaga kerja dari negara-negara berkembang.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah China mengungkapkan komitmennya untuk terus berkontribusi pada sejumlah kerjasama di kawasan Asia Afrika. Bahkan Presiden Xi Jinping mengumumkan akan menawarkan peluang kerja besar-besaran bagi para calon tenaga kerja dari negara-negara berkembang.

"China akan menawarkan ribuan peluang kerja selama lima tahun ke depan dan akan menjadi tuan rumah festival tahunan pemuda Asia Afrika. Kami mengundang 2.000 pemuda Asia Afrika ke China," tuturnya di acara Konferensi Asia Afrika di Jakarta, Rabu (22/4/2015).

Xi mengungkapkan, China juga berjanji akan membangun pusat kerjasama Asia Afrika agar terjadi jalinan yang lebih kuat antara negara-negara di kawasan Asia dan Afrika. China juga akan meluncurkan program pertukaran pelajar kelas internasional.

Di kawasan Asia, Xi mengatakan, China akan fokus mengelola dan meluncurkan Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) dan membuat bank tersebut dapat berguna bagi pendanaan infrastruktur regional. China juga akan terus meningkatkan berbagai kerjasama di kawasan tersebut.

"Kami akan bekerja dengan negara-negara lain untuk memastikan stabilitas dan perdamaian dalam mendorong pengembangan dan kesejahteraan pada tataran regional dan global," terang Xi.

Xi mengatakan, China akan terus menyediakan bantuan pada negara-negara maju tanpa syarat-syarat politis. Menurutnya, negara-negara di Asia Afrika akan mendapatkan banyak keuntungan jika berhasil menggabungkan berbagai kekuatan di dalamnya dan melakukan pendekatan win-win solution untuk pengembangan lebih jauh. (Yas/Sis/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.