Sukses

Belum Dapat Tiket Mudik Lebaran? Ini Tips dari PT KAI

PT Kereta Api Indonesia memberi tips bagi Anda yang ingin memesan tiket kereta api untuk pulang kampung saat lebaran.

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) memberi tips kepada masyarakat yang ingin memesan tiket kereta api untuk pulang kampung saat lebaran.

Direktur Komersial PT KAI Bambang Eko Martono menyebutkan, bagi masyarakat yang kehabisan tiket kereta, sebaiknya mencari alternatif dari stasiun kota lain untuk melakukan keberangkatan.

"Tipsnya begini misalnya, kalau mau dari Jakarta ke Yogya jangan langsung, tapi ke Bandung dulu," kata Bambang di Gedung JRC, Jakarta Selasa (21/4/2015).

Bambang menambahkan, masyarakat bisa melihat dari keterangan website PTKAI untuk memiih stasiun keberangkatan yang tak padat penumpang.

"Jadi mudik dengan estafet jalur itu jarang dilihat orang," ungkap Bambang.

Selain itu, Bambang menyarankan, bagi masyarakat yang sudah kehabisan tiket kereta mudik, sebaiknya tidak melakukan perjalanan sebelum hari raya. Namun, saat hari raya ketika sebanyakan masyarakat mencapai kampung halaman.

"Cari rute lain, kalau tidak jangan cari sebelum hari H," pungkas Bambang.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat mudik lebaran, PT KAI memastikan akan menyediakan tambahan 18.760 tempat duduk per hari. Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan, pembelian tiket kereta tambahan tersebut akan dibuka serentak 60 hari sebelum lebaran.


"Pada operasi lebaran akan datang, PT KAI menyediakan kereta tambahan kereta tambahan ini nanti akan kita sampaikan H-60," kata Edi. (Pew/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.