Sukses

PT KAI Imbau Calon Penumpang Segera Cetak Tiket Lebaran

Untuk calon penumpang yang akan pulang kampung menggunakan kereta secepat mungkin melakukan pemesanan dan membayar.

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) mengingatkan kepada masyarakat yang telah memesan tiket mudik secara online untuk segera mencetak tiket di stasiun. Imbauan tersebut agar tidak terjadi penumpukan pada saat hari keberangkatan.

Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro mengatakan, pencetakan tiket sebelum hari keberangkatan bertujuan untuk menghindari antran panjang, sehingga stasiun tak padat.

"Saya ingatkan, calon penumpang jangan mencetak tiket pada Hari H keberangkatan. Jadi bisa ngantri sebelumnya, dicicil beberapa hari sebelumnya," kata  Edi, di Jakarta, Selasa (21/4/2015).

Edi menambahkan, untuk calon penumpang yang akan pulang kampung menggunakan kereta secepat mungkin melakukan pemesanan dan membayar.  "Saya ingin sampaikan ke masyarakat, sedini mungkin saat akses dibuka langsung pesan," tuturnya.

Edi mengungkapkan, untuk lebaran tahun ini, PTKAI menyediakan kereta  reguler 2015 340, tahun lalu 293 Kereta, atau naik 16 persen  dibanding  tahun lalu. "Di sini total seluruhnya itu baik jarak dekat jauh 19.6028 tempat duduk itu termasuk tambahan lokalan, kan ada jarak dekat, sedang dan jauh," pungkasnya.

Calon pemudik melihat papan pengumuman tanggal pemesanan tiket kereta di Stasiun Pasar Senen Jakarta, Senin (13/4/2015). PT KAI mulai menjual tiket kereta untuk keberangkatan H-10 lebaran melalui reservasi online maupun loket. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Untuk diketahui, KAI menyediakan tambahan 18.760 tempat duduk per hari untuk mengantisipasi lonjakan penumpang menyambut Perayaan Idhul Fitri mendatang. Edi mengatakan, pembelian tiket kereta tambahan tersebut akan dibuka serentak 60 hari sebelum lebaran.

"Pada operasi lebaran akan datang, PT KAI menyediakan kereta tambahan kereta tambahan ini nanti akan kita sampaikan H-60," kata Edi,

Ia menambahkan, tambahan kereta nantinya bisa memberikan 18.760  tempat duduk per hari yang dijual 10 hari sebelum lebaran (H-10) dan 10 hari setelah lebaran (H+10). "Sama seperti tahun lalu, ada 15 kereta api tambahan yang kami siapkan," tuturnya. (Pew/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.