Sukses

Hati-hati! Gaji Bisa Hancurkan Hubungan dengan Rekan Kerja

Gaji bahkan merupakan salah satu topik yang sensitif yang dapat menuai pertengkaran hingga perang dingin antar pegawai di kantor.

Liputan6.com, New York - Setiap orang pasti ingin membina hubungan kerja yang baik dengan rekan-rekannya di kantor. Itu berarti, Anda harus berhati-hati menjaga sikap hingga perkataan pada rekan di kantor guna membina hubungan baik tersebut.

Bahkan di sejumlah kesempatan, perbincangan sehari-hari ternyata bisa berperan merusak hubungan dengan rekan kerja yang akhirnya menganggu suasana menyenangkan di kantor. Gaji bahkan merupakan salah satu topik yang sensitif yang dapat menuai pertengkaran hingga perang dingin antar pegawai di kantor.

Tak heran banyak atasan yang meminta para pegawai merahasiakan jumlah gajinya pada rekan di kantor. Menurut sejumlah penelitian, pembahasan mengenai gaji seringkali berakhir tak nyaman dan buruk.

Ini dia empat alasan mengapa bertukar informasi mengenai gaji dengan rekan kerja dapat menjadi masalah di kantor seperti dikutip dari laman boldsky.com, Kamis (9/4/2015):

1. Mengganggu pikiran

Mengetahui rekan kerja di kantor mencetak penghasilan lebih besar ternyata dapat mengganggu pikiran Anda. Hal itu juga akan berdampak negatif pada pekerjaan dan membuat kinerja Anda di kantor menurun.

Sebaiknya, jangan ganggu hati dan pikiran Anda dengan membahas persoalan gaji bersama rekan kerja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

2. Menyebabkan permusuhan

Melihat teman Anda terpuruk, perasaan sedih dan empati pasti muncul. Tapi saat dia berhasil mengungguli Anda secara finansial, perasaan tak enak juga akan terasa.

Melihat teman dekat memperoleh gaji lebih besar dengan pekerjaan yang setara pasti dapat menimbulkan rasa iri yang kemudian menjadi bibit permusuhan.

3. Senang membandingkan

Gaji merupakan topik yang sensitif bagi banyak orang. Membandingkan gaji sendiri dengan rekan di kantor tak akan pernah berakhir baik-baik.

4. Menimbulkan pikiran negatif

Anda bisa saja memberitahukan berapa jumlah gaji yang diperoleh pada rekan kerja. Tapi hal itu dapat mengarah ke berbagai pikiran negatif dengan pertemanan Anda di kantor. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.