8 Kesalahan saat Berusaha Meningkatkan Produktifitas Kerja

Oleh Liputan6 pada 28 Mar 2015, 06:32 WIB
Diperbarui 28 Mar 2015, 06:32 WIB
8 Kesalahan dalam Proses Produktifitas
Perbesar
Baca trik untuk menjadi lebih produktif lagi!

Liputan6.com, Jakarta Menjadi produktif sering dianggap hal yang sangat memberatkan. Bahkan, banyak yang merasa jika 24 jam dalam satu hari sangat kurang untuk menyelesaikan satu target pekerjaan. 

Keluhan yang paling sering terdengar adalah banyaknya pengalihperhatian ketika ingin menyelesaikan satu pekerjaan. Keinginan berseluncur di dunia maya atau menonton film menjadi hal yang bisa mempengaruhi produktivitas.

Tapi apakah mengorbankan kesenangan merupakan sesuatu yang harus dilakukan saat bekerja. Dilansir dari laman Lifehack.org, Sabtu (28/3/2015), berikut adalah kesalahan yang dilakukan seseorang terkait produktivitas dalam bekerja.

1. Curang = Hadiah

Orang-orang kerap memberi "hadiah" bagi diri mereka sendiri saat sudah melakukan tugas yang menurutnya berat. Sayangnya, membeli baju baru setelah menabung bisa menggiring Anda semakin jauh dari target, karena pikiran sudah terinternalisasi bahwa usaha akan sia-sia karena sudah melakukan 'kesalahan'. Lain kali, jadikan target yang tercapai sebagai hadiah.

2. Merencanakan rapat yang tidak penting

Seringkali, rapat memakan waktu dalam sehari karena panjangnya durasi. Belum lagi adanya hobi menunda rapat akibat budaya terlambat. Berhubung kini ada kemajuan teknologi maka pergunakanlah. Seperti Skype, SMS, LINE, telepon dan email bisa menjadi sarana daripada harus jauh-jauh menghadiri satu rapat yang tak terlalu penting.

3.  Multitasking

Riset membuktikan dua pekerjaan yang dilakukan secara bersamaan lebih tidak efisien. Ini karena aksi multitasking membuat Anda jadi susah fokus. Sebaiknya kerjakan tugas satu per satu.

4. Bijak saat memakai internet

Sistem menentukan bagaimana Anda bekerja di kantor maupun rumah. Sebab ini terkait dengan akses internet. Untuk menghindari berlama-lama melakukan chatting dengan teman lama di Facebook atau menonton berbagai video kucing lucu dari youtube, sebaiknya selalu catat apa yang Anda ingin cari sebelum membuka internet.

5. Menunda pekerjaan yang sulit

Seringkali kita tergoda mengerjakan tugas yang mudah lebih dulu. Kenyataannya, semakin energi Anda terkuras dalam bekerja, semakin berkurang motivasi dalam mengerjakan pekerjaan susah itu.

Selain itu, semakin cepat pekerjaan sulit itu terselesaikan, semakin mood Anda membaik dan membantu Anda mengerjakan pekerjaan-pekerjaan lainnya.

6. Terlalu lama merencanakan

Menjelang hari sibuk, Anda cenderung akan membuat rencana dari jam ke jam. Ini menjadi sumber stres dan justru menggagalkan apa yang Anda benar-benar ingin lakukan.

Solusinya, coba rencanakan lima jam pertama untuk pekerjaan yang penting dan di sisa hari untuk mengatur pekerjaan lainnya. Dengan begini, Anda bisa punya kontrol pekerjaan.

7. Jangan tunda bangun tidur

Ayo akui, saat alarm Anda bunyi, Anda akan menekan tombol "snooze" dan melanjutkan tidur selama kurang lebih 10 menit. 10 menit memang hanya 1/144 dari hari bekerja, tapi sesungguhnya akan jauh lebih baik jika Anda langsung bangun.

Saat Anda baru bangun, tubuh akan memproduksi hormon yang membuat anda sadar dan termotivasi. Semakin Anda menunda memulai hari, semakin lambat proses ini berlangsung. Lagipula, tidur selama 10 menit tidak ada artinya, baik untuk kesehatan atau keefektifan.

8. Terlalu berpikiran besar

Dalam bekerja, berpikir tentang gambar besar hanya akan menambah kekhawatiran Anda. Sebaiknya, pikiran-pikiran ini disimpan untuk saat Anda tidak bekerja. Walaupun harus hati-hati, jangan sampai Anda kelewat banyak berpikir dan tidur menjadi terganggu. (Indy/Nrm)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

    POPULER

    Berita Terkini Selengkapnya