Sukses

Tingkat Rendemen Pabrik Gula RI Kalah Jauh Dibanding Thailand

Meski berasal dari tebu yang sama, rendemen gula di pabrik-pabrik di Thailand sudah mencapai angka 11 persen-12 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemedag) menyatakan tingkat rendemen gula di dalam negeri kalah jauh jika dibandingkan Thailand.

Direktur Impor Kemendag Thamrin Latuconsina mengatakan, meski berasal dari tebu yang sama, rendemen gula di pabrik-pabrik di Thailand sudah mencapai angka 11 persen-12 persen.

"Contohnya tebu kita yang dibawa ke Thailand itu rendemennya sudah mencapai 11 persen-12 persen. Tapi di Jawa Timur itu cuma 5 persen-6 persen," ujarnya dalam Seminar Penguatan Industri dan Bisnis Gula di Indonesia 2015 di Wisma Antara, Rabu (18/3/2015).

Dia menjelaskan, hal ini karena pabrik gula di Indonesia sebagian besar merupakan pabrik tua, sehingga tidak lagi mampu mengolah pabrik dengan optimal.
"Tidak ada efisiensi dalam industri gula kita. Pabrik kita sudah dari jaman bahela," katanya

Menurut dia, jika rendemen gula masih serendah ini dan tidak cepat tingkatkan dengan melakukan revitalisasi pabrik atau pembangunan pabrik baru, maka peningkatan kesejahteraan para petani tebu di dalam negeri pun akan sulit diwujudkan.

"Kalau seperti ini, bagaimana kesejahteraan petaninya bisa ditingkatkan," tandas dia. (Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini