Sukses

Rata-rata Biaya Pernikahan di Negara Ini Capai Rp 400 Juta

Tak semua biaya pernikahan mengalami kenaikan. Ada juga pengeluaran yang mengalami penurunan yaitu pengeluaran untuk undangan.

Liputan6.com, New York - Sebuah penelitian yang dilakukan oleh The Knot, media yang khusus menulis mengenai pernikahan, biaya yang harus dikeluarkan oleh sepasang kekasih di Amerika Serikat (AS) untuk menggelar sebuah pesta pernikahan pada tahun 2014 lalu rata-rata sebesar US$ 31.213 atau mencapai Rp 412 juta (estimasi kurs Rp 13.200 per Dolar AS).

Mengutip CNN Money, Minggu (15/3/2015), angka tersebut meningkat 4 persen jika dibanding dengan tahun sebelumnya atau pada 2013 yang tercatat masih sebesar US$ 29.858 atau kira-kira di angka Rp 394 juta.

Porsi terbesar dalam biaya pernikahan tersebut dihabiskan untuk katering atau makanan dengan anggaran rata-rata sebesar US$ 14.006. Rata-rata biaya katering untuk satu tamu mencapai US$ 68 atau hampir mencapai Rp 900 ribu.




Biaya terbesar kedua dalam pernikahan di Amerika adalah biaya cincin pernikahan yang rata-rata membutuhkan dana sebesar US$ 5.855 dan kemudian diikuti dengan biaya mengundang band yang mencapai US$ 3.857.

Menurut survei Knot, tak semua biaya pernikahan mengalami kenaikan. Ada juga pengeluaran yang mengalami penurunan yaitu pengeluaran untuk undangan. Di 2013, biaya mencetak undangan mencapai US$ 443 sedangkan di tahun 2014 turun menjadi US$ 439.

Penurunan itu terjadi karena perkembangan jaman menbuat cara mengundang berubah. "Di 2014 kemarin banyak pasangan yang menggunakan format digital dan bukan fisik lagi dalam mengundang saudara dan juga kolega," jelas Wakil Eksekutif Presiden The Knot, Dhanusha Sivajee.

Amplop berkurang
Berbeda, jika biaya pernikahan terus mengalami kenaikan setiap tahunnya, maka para tamu undangan pernikahan justru mengurangi pengeluaran mereka untuk memberikan hadiah bagi pasangan yang menikah.



Menurut penelitian dari American Express Spending & Saving Tracker, di tahun ini, rata-rata yang dihabiskan seseorang untuk memberikan hadiah pernikahan mencapai US$ 106. Angka tersebut turun jika dibanding dengan tahun lalu atau 2014 yang mencapai US$ 109.

Besaran hadiah tergantung kepada hubungan dengan yang mengundang. Jika keluarga maka rata-rata yang dihabiskan mencapai US$ 142. Namun jika teman dan juga kolega maka pengeluaran untuk hadiah hanya sebesar US$ 90.  Sepertiga dari para undangan berencana untuk memberikan uang secara tunai bagi pengantin.(Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.