Sukses

Usai Blusukan ke Jateng &Jatim, Jokowi Kumpulkan Para Akademisi

Presiden menggelar ratas membahas perihal optimalisasi lahan dan peningkatan produksi pangan.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo‎ (Jokowi) pada Rabu (11/3/2015) ini, menggelar rapat terbatas membahas perihal optimalisasi lahan dan peningkatan produksi pangan.

Turut hadir dalam ratas tersebut adalah Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan sejumlah akademisi dari beberapa Universitas.

‎"Setelah dua hari ke lapangan, di Jawa Timur maupun Jawa Tengah, kita mendapatkan fakta-fakta yang sebetulnya sudah dilakukan tidak hanya 1-2 tahun, tapi ini perlu diperluas lagi ‎dalam rangka optimalisasi lahan‎," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (11/3/2015).

Dijelaskannya optimalisasi lahan tersebut tidak hanya lahan-lahan yang milik perusahaan BUMN melainkan juga perusahaan-perusahaan milik swasta.

Optimalisasi laha tersebut dilakukan dalam rangka peningkatan produktivitas hasil tani masyarakat Indonesia seperti hasil padi dan jagung.

"‎Yang kita lihat kemarin, Padi Gogo di Jawa Tengah di lahan Perhutani sangat bagus sekali, kemudian di Jawa Tengah dan Jawa Timur, tanaman jagung di antara pohon jati juga sangat bagus sekali hasilnya, oleh sebab itu ini perlu diperluas lagi‎," papar Jokowi.

Tidak hanya itu, optimalisasi lahan diharapkan dalam diintegrasikan dengan peningkatan hasil ternak. Hal itu dilakukan dengan pencampuran tanaman pangan dengan penanaman tanaman untuk hewan ternak‎. (Yas/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini