Sukses

Konsultasi Pajak: Sudah Resign, Perlukah Lapor SPT Pajak?

Anda sudah keluar dari pekerjaan sehingga tak lagi lapor SPT Pajak. Apakah tindakan itu benar?

Liputan6.com, Jakarta - Asslkm wr.wb...

Pak/ibu pengasuh

Saya sudah resign selama dua tahun, tapi belum pernah lapor SPT Pajak semenjak resign. Apa yang harus saya lakukan, mengingat dulu di Jakarta, sekarang hijrah ke Cikarang.

Mohon sarannya karena sekarang saya wiraswasta di rumah. Terima kasih sebelumnya

Hariyanto
Graha Cikarang
Bekasi

email: rhary.XXXX@gmail.com

 Jawaban:

 Waalaikum Salam Warrahmatullahi Wabarakatuh,

 Yth. Sdr Hariyanto

Meskipun Saudara sudah resign, selama masih memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Saudara tetap diwajibkan menyampaikan SPT Pajak sejak tahun Saudara resign.

Meskipun sekarang sudah berdomisili di Cikarang selama Saudara masih tetap terdaftar di Jakarta maka penyampaian SPT tetap harus ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di Jakarta.
 
Selanjutnya jika Saudara  sekarang sudah berdomisili di Cikarang dan memiliki usaha di sana sebaiknya saudara mengajukan permohonan perubahan data karena perubahan alamat tempat tinggal ke KPP di mana saudara terdaftar sebelumnya (KPP di Jakarta), dengan mengisi formulir perubahan data yang dapat diperoleh di KPP tersebut agar administrasi perpajakan saudara berpindah ke KPP domisili di Cikarang.
 
Demikian, semoga membantu.

Salam,
Fitrah Purnama Megawati, S.Sos

Citas Konsultan Global
www.citasco.com

Jl. Ciputat Raya No. 28 C Kebayoran Lama, Jakarta Selatan

* Untuk pertanyaan konsultasi pajak, silakan kirim pertanyaan Anda ke redaksi bisnis liputan6 di alamat ekbisliputan6@gmail.com

(Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.