Sukses

BRI Targetkan Fee Based Income Trade Finance Tumbuh 20%

BRI juga akan membuka offshore branch di Singapura untuk mengembangkan layanan trade finance dan transaksi lainnya di luar negeri.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) menargetkan pertumbuhan fee based income dari bisnis trade finance sedikitnya sebesar Rp 530,85 miliar pada 2015. Target itu tumbuh 20 persen dibanding perolehan pada 2014 sebesar Rp 442,38 miliar.

"Target pertumbuhan sebesar itu (20%) merupakan target yang wajar, mengingat bisnis trade finance Bank BRI yang terus tumbuh," ucap Budi Satria, Corporate Secretary Bank BRI, Kamis (5/3/2015).

Budi menjelaskan, hingga akhir tahun 2014, transaksi ekspor yang melalui Bank BRI tercatat sebesar US$ 6,03 miliar dan sebesar US$ 14,03 miliar untuk impor.

Transaksi tersebut saat ini didominasi oleh segmen korporasi meliputi sektor agribisnis, migas dan produk kimia, dengan mayoritas negara tujuan seperti Tiongkok, Afrika Selatan, Jerman, Belgia, Singapura, dan Jepang.

"Khusus untuk eksportir dari segmen UMKM, Bank BRI juga memberikan layanan edukasi guna meningkatkan daya saing UMKM dalam menembus pasar global," tegas dia.

Edukasi tersebut meliputi pelatihan dan sharing discussion produk trade finance, Pembiayaan serta sponsorship yang mendukung kebutuhan bisnis nasabah, perluasan jaringan guna membuka pasar ekspor serta mengikut sertakan pelaku UMKM dalam pameran–pameran yang diselenggarakan baik di dalam maupun luar negeri.

Budi mengungkapkan, dalam rangka memberikan layanan trade finance terbaik bagi nasabah, BRI telah menyediakan dukungan jaringan kerja sama bisnis yang optimal, baik dengan bank koresponden maupun optimalisasi peran Unit Kerja Luar Negeri (UKLN) BRI dalam mendukung transaksi trade finance nasabah BRI.

"Bank BRI telah memiliki jaringan kerja sama dengan 1.300 bank koresponden di seluruh dunia. Luasnya jaringan kerjasama ini melengkapi berbagai fitur produk dan layanan terkait perdagangan internasional, seperti Shipping Guarantee, Letter of Credit, pembayaran Pajak Ekspor dengan BRI e-Tax dan Trade Financing," tambahnya.

Lebih lanjut Budi mengemukakan, Bank Rakyat Indonesia juga akan mengembangkan layanan berbagai transaksi lainnya di luar negeri seperti remittance, USD settlement, dan melaksanakan fungsi perpanjangan tangan BRI di luar negeri melalui unit kerja luar negeri, yaitu BRINYA, BRI Cayman Island Branch (BRICIB), dan BRI Hongkong Representative Office (BRI HKRO) serta kantor BRI Overseas remittance representatives seperti di Kuala Lumpur, Riyadh, dan Abu Dhabi.

"Bahkan dalam waktu dekat ini, BRI juga akan membuka offshore branch di Singapura," kata Budi. (Yas/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.