Sukses

Uang Bisa Jamin Kebahagiaan? Cek di Sini Jawabannya

Lagi-lagi pertanyaan yang masih bergaung di kepala banyak orang adalah, apakah uang benar-benar membuat Anda merasa bahagia.

Liputan6.com, Los Angeles - Hampir setiap orang menyukai uang. Sementara soal kebahagiaan, banyak orang sangat menginginkannya.

Lagi-lagi pertanyaan yang masih bergaung di kepala banyak orang adalah, apakah uang benar-benar membuat Anda merasa bahagia. Atau Anda tak bisa bahagia tanpa uang.

Mengutip laman Forbes, Senin (2/3/2015), simposium terbaru bertajuk' Happy Money' dari para peneliti psikologi ternama berusaha membuktikan keterkaitan antara uang dan kebahagiaan. Namun kali ini para peneliti lebih nyaman menggunakan kata makmur dibandingkan bahagia.

Pilihan kata makmur dirasa sangat penting karena memiliki makna yang lebih menyenangkan dari sekadar bahagia. Kemakmuran bisa jadi merupakan refleksi kepuasan seseorang pada setiap momen yang terjadi dalam hidupnya.

Lantas, berapa banyak uang yang harus dimiliki seseorang agar dirinya merasa bahagia dan makmur?

Para peneliti dalam simposium tersebut mengatakan, setidaknya, selama orang kaya menyadarinya, peningkatan harta seharusnya dapat menambah rasa bahagia. Sayangnya, teori ini sering tidak sesuai dengan kenyataan.

Penelitian yang dipimpin Profesor Harvard professor Michael Norton, memaparkan cara mendapatkan kebahagiaan melalui pengeluaran yang tepat. Tapi penelitian Norton juga menunjukkan asumsi bahwa orang-orang yang punya banyak uang lebih bahagia juga keliru.

"Orang kaya yang punya uang miliaran atau triliunan rupiah, tak lebih bahagia saat hartanya bertambah," ujar Norton.

Faktanya, mungkin saja, bertambahnya harta justru mengurangi rasa bahagia. Pasalnya, dirinya dapat merasa lebih cemas dan was-was.

Pada akhirnya, perkara uang dan kebahagiaan, semua tergantung perspektif orang yang memiliki dan membelanjakannya. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.