Sukses

Titik Terang di Yunani Cerahkan Rupiah di Akhir Pekan

Rupiah akhirnya berhasil menguat setelah pergerakan positif euro berhasil menahan penguatan dolar.

Liputan6.com, New York - Rupiah akhirnya berhasil menguat setelah pergerakan positif euro berhasil menahan penguatan dolar. Euro menguat lantaran data ekonomi yang membaik dan meningkatnya negosiasi antara Yunani dan Troika.

Data valuta asing (valas) Bloomberg, Jumat (13/2/2015), nilai tukar rupiah tampak dibuka menguat ke level 12.741 per dolar AS setelah ditutup menguat di level 12.801 pada perdagangan sebelumnya. Nilai tukar rupiah tercatat menguat 0,2 persen ke level 12.776 per dolar AS pada perdagangan pukul 10:12 waktu Jakarta.

Hingga menjelang siang, nilai tukar rupiah tercatat masih berfluktuasi menguat di kisaran 12.741-12.796 per dolar AS.

Sementara kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia mencatat nilai tukar rupiah menguat tipis ke level 12.769 per dolar AS. Pada perdagangan kemarin nilai tukar rupiah melemah cukup signifikan ke level 12.794 per dolar AS.

Rupiah berhasil menguat setelah pada perdagangan sebelumnya sempat kembali menyentuh level 12.800 per dolar AS. Ekonom PT Samuel Sekuritas Indonesia, Rangga Cipta mengatakan, ada sedikit titik cerah dari usaha Yunani bernegosiasi dengan Troika yang akhirnya mendorong euro menguat.

"Penguatan euro karena data industrian production yang membaik ditambah data penjualan ritel dan klaim pengangguran yang memburuk membuat dolar menurun drastis," terangnya.

Hal ini membuat rupiah yang sempat melemah pada perdagangan sebelumnya kembali pulih. Sementara dari dalam negeri, para pelaku pasar masih menanti angka neraca transaksi berjalan. (Sis/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mata uang adalah satuan nilai alat pembayaran berupa uang yang diterima dan berlaku sebagai alat pembayaran yang sah dan melakukan transaksi
    Mata uang adalah satuan nilai alat pembayaran berupa uang yang diterima dan berlaku sebagai alat pembayaran yang sah dan melakukan transaksi

    Mata Uang

  • Rupiah Indonesia adalah mata uang resmi yang berlaku di Indonesia.

    rupiah

Video Terkini