Sukses

Furukawa Indomobil Resmikan Pabrik Aki Kendaraan Awal Bulan Ini

PT Furukawa Indomobil Battery Manufacturing merupakan pabrik hasil kerja sama antara Furukawa dengan PT Indomobil Sukses Internasional Tbk.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah menyelesai proses pembangunannya, PT Furukawa Indomobil Battery Manufacturing akan meresmikan pabrik pembuatan aki pada 5 Februari 2015.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal (Dirjen) Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi  (IUBTT) Kementerian Perindustrian, Panggah Susanto mengatakan, pabrik baru hasil kerja sama antara Furukawa dengan PT Indomobil Sukses Internasional Tbk ini berlokasi di Bukit Indah, Cikampek, Jawa Barat.

"Porsi kepemilikannya ada dua. Untuk produksinya, 51 persen Furukawa sedangkan 49 persen Indomobil. Kalau untuk penjualannya mayoritas Indomobil dengan 51 persen, 49 persennya Furukawa," ujarnya di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta Selatan, Senin (2/2/2015).

Dia menjelaskan investasi pembangunan pabrik ini merupakan patungan antara Furukawa dengan PT Central Sole Agency, anak perusahaan dari Indomobil Group dengan nilai mencapai Rp 5 miliar.n antinya pabrik tersebut akan memproduksi baterai aki mobil dan motor.

"Kapasitas totalnya sebanyak 3 juta unit per tahun. Untuk tahun pertama bakal (memenuhi kebutuhan) baterai dalam negeri semuanya. Itu baterai aki mobil dan motor," lanjut dia.

Menurut Panggah, alasan Furukawa membanguan pabrik ini karena melihat populasi mobil dan motor di Indonesia yang setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan.

Pabrik ini juga disebut telah mencapai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 80 persen. Sedangkan 20 persennya merupakan komponen elektrik yang belum mampu diproduksi di Indonesia sehingga masih harus diimpor dari luar.

"TKDN 80 persen. Mungkin ada komponen elektrik dia impor," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini