Sukses

Suntik PMN, Menteri BUMN Ingin RI Bisa Swasembada Gula

Saat ini perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memproduksi gula sudah menjadi anak usaha.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berencana menyuntikan Penyertaan Modal Negara (PMN) untuk meningkatkan produksi gula.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, produksi gula sedang digenjot untuk untuk menciptakan swasembada gula nasional.

"Untuk Ini pada dasarnya untuk usaha gula. Memang, kita perlu meningkatkan produksi gula nasional sehingga kita butuh swasembada gula," kata Rini, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (19/1/2015).

Dia mengatakan, suntikan PNM tersebut untuk memperbaiki industri pertanian gula, seperti metode penanaman dan pabrik gula, sehingga dapat meningkatkan produksi gula. "Oleh sebab itu, kita perlu memperbaiki on dan off farm industri gula," tuturnya.

Seperti diketahui, saat ini perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memproduksi gula sudah menjadi anak usaha. Menurut Rini hal tersebut perlu dijelas agar perusahaan tersebut bisa menerima suntikan PNM.

"Makanya definisi BUMN dan anak, BUMN saya rasa perlu diperjelas. Namun, pada dasarnya, bahwa mereka adalah anak usaha dari BUMN, iya, dan kami masih punya saham di anak usaha maka kami juga harus bertanggung jawab," pungkasnya. (Pew/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.