Sukses

Sofyan Djalil: Kalau Tak Punya Hak Jangan Pakai Gas 3 Kg

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil meminta kesadaran masyarakat dari kalangan mampu untuk tidak berpindah pakai 3 kg.

Liputan6.com, Jakarta - Kenaikan harga elpiji 12 kilogram (kg) membuat masyarakat bermigrasi ke elpiji 3 kg. Hal ini dikhawatirkan membuat pasokan elpiji 3 kg menjadi langka.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil meminta kesadaran masyarakat dari kalangan mampu untuk tidak berpindah menggunakan elpiji 3 kg.

"Itu pertama adalah kalau anda tidak berhak ya jangan rebut 3 kg, ini soal moral," ujarnya di Gedung BPPT, Jakarta, Kamis (8/1/2015).

Selain itu, untuk mengatasi potensi kelangkaan elpiji 3 kg, dia memerintahkan Pertamina untuk menjaga kestabilan pasokan ke berbagai wilayah.

"Kedua tentu yang penting suplai ada. Nah ini tugas Pertamina. Pertamina nggak boleh langka itu, karena Pertamina sudah menaikkan yang 12 kg maka yang 3 kg itu disubsidi pemerintah mereka harus menjamin ketersediaannya. Bukan dihimbau tapi diperintah," tandasnya.

Memang, saat ini di beberapa daerah mengeluhkan terjadinya kelangkaan pasokan elpiji ukuran 3 kg. Kondisi ini terjadi usai Pertamina memutuskan kenaikan harga elpiji 12 kg. (Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.