4 Resolusi Tahun Baru 2015 untuk Pebisnis agar Sukses

Oleh Rio Apinino pada 01 Jan 2015, 06:28 WIB
Diperbarui 01 Jan 2015, 06:28 WIB
Tips Lakukan Bisnis Bersama Keluarga
Perbesar
Bagaimana menjalankan bisnis bersama dengan keluarga? Berikut tipsnya.

Liputan6.com, New York - Menjelang tahun baru 2015, semua orang berlomba-lomba membuat resolusi tahun baru. Hal ini tentu adalah hal yang baik, sebab membuat resolusi artinya seseorang telah berniat untuk menjadi lebih baik lagi di tahun mendatang.

Resolusi paling umum yang ditetapkan biasanya seputar persoalan kesehatan, perilaku, hingga keuangan. Untuk pebisnis, tentu resolusi yang ditetapkan adalah bagaimana bisnis yang dijalankannya bisa lebih maju di tahun yang baru.

Bagaimana seharusnya resolusi untuk para pebisnis? Apa saja yang harus ditetapkan agar bisnis yang dijalankan semakin berkembang? Berikut ulasan dari Ian Altman, seorang pebisnis seperti yang dikutip dari Forbes, Kamis (1/1/2015).

1. Tahu cara menjelaskan mengapa orang butuh bantuan Anda

Orang yang sukses dalam berbisnis mampu untuk menjelaskan dan mengartikulasikan mengapa orang membutuhkan bantuan Anda. Dengan begitu, maka Anda akan lebih mudah menjangkau konsumen dan calon konsumen karena tahu persis dalam kondisi yang seperti apa Anda benar-benar dibutuhkan.

2. Tentukan 3 rencana jangka menengah untuk mencapai tujuan jangka panjang

Dalam banyak kasus, kegagalan terjadi karena kesalahan dalam menerapkan strategi. Orang tahu apa tujuannya, tetapi seringkali tidak tahu bagaimana cara mencapainya. Untuk itulah dibutuhkan rencana jangka pendek, menengah dan panjang. Dalam hal bisnis, maka resolusi yang perlu Anda buat adalah membuat 3 rencana jangka menengah.

Contohnya, jika tujuan Anda adalah memperluas pasar, maka 3 rencana jangka menengah yang harus ditetapkan adalah 1) mendefinisikan masalah dan memecahkannya; 2) mengidentifikasi 3 klien yang berpengaruh untuk perluasan pasar; 3) membuat daftar 10 orang pertama yang akan Anda jadikan klien.

3. Jangan mengeluh, bertindaklah

Mengeluh memang seringkali menjadi pelarian bagi mereka yang belum juga berhasil. Kompetitor yang terlalu kuat, pasar yang tidak juga berkembang hingga rekan kerja yang tidak suportif adalah beberapa keluhan yang sering keluar. Percayalah, mengeluh bukanlah jalan keluar.

Jika Anda bisa berhenti untuk mengeluh, Anda akan mulai melihat potensi diri dan siap untuk menghadapi tantangan yang lebih besar. Intinya, berhentilah mengeluh dan mulailah bertindak untuk menyelesaikan semua masalah.

4. Tingkatkan nilai Anda dan rekan kerja

Untuk sukses, Anda mau tidak mau harus meningkatkan nilai diri Anda. Entah melalui keahlian yang mumpuni ataupun melalui pembuktian-pembuktian lainnya. Selain itu, untuk membentuk bisnis yang baik juga diperlukan kerjasama yang baik dalam anggota tim.

Buatlah resolusi semacam ini. Tuliskan bahwa Anda bercita-cita untuk mempelajari keahilan tertentu di tahun depan atau berjanji akan semakin lebih kompak dalam tim kerja.

Demikianlah usulan resolusi dari Ian Altman. Ingat, resolusi tahun baru ini bukanlah resolusi yang harus diikuti secara vulgar. Anda bisa memikirkan resolusi lain dan menjadikan usulan dari Altman ini sebagai bahan pertimbangan. Sebab, bagaimanapun Anda yang paling tahu bagaimana kondisi bisnis yang sedang dijalankan. Selamat tahun baru 2015! (Rio/Gdn)