Sukses

Area Lumpur Lapindo akan Dijadikan Bak Taman Nasional Yellowstone

Area Lumpur Lapindo akan menjadi pusat edukasi bagi para pelajar mengenai geiser atau air panas yang menyembur dari bawah tanah.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah berencana menyulap kawasan lumpur Lapindo, Sidoarjo seluas 641 hektare (ha) bak Taman Nasional Yellowstone di Amerika Serikat (AS).
 
Area tersebut akan menjadi pusat edukasi bagi para pelajar mengenai geiser atau air panas yang menyembur dari bawah tanah. 
 
Konsep ini telah dipikirkan pemerintah seiring dengan komitmen merogoh anggaran negara untuk menalangi sisa ganti rugi senilai Rp 781 miliar.
 
"Saya kira akan jadi geopark kayak Yellowstone National Park di Amerika Serikat (AS). Luas, karena bisa jadi geiser, geopark takkan ternilai," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono di Jakarta, Senin (29/12/2014). 
 
Taman Nasional Yellowstone terletak di negara bagian Wyoming, Montana dan Idaho. Taman nasional tertua di dunia yang tersohor akan geiser dan sumber air panasnya. 
 
Menurut Basuki, saat ini kawasan lumpur Lapindo sudah menjadi geiser dan akan meluas 10 sampai 20 tahun mendatang.
 
"Sekarang kan lumpur harganya nol, tapi saat jadi geiser, anak-anak yang belum tahu bisa belajar dan punya nilai yang tak terhingga," pungkasnya.(Fik/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini