Sukses

Masyarakat RI Pertimbangkan 3 Hal Buat Jadi Nasabah Bank

Ada beberapa alasan penting konsumen dalam memilih menjadi nasabah suatu bank.

Liputan6.com, Jakarta - Reputasi yang baik, jumlah kantor cabang yang banyak dan biaya administrasi bulanan yan rendah merupakan 3 faktor yang menjadi pertimbangan utama bagi konsumen Indonesia untuk memilih menjadi nasabah suatu bank.

Hal tersebut, disampaikan Director of Banking and Financial Service Industry Nielsen Indonesia Dena Firmayuansyah berdasarkan hasil survei yang dilakukan terhadap para nasabah perbankan di Indonesia.

Menurut Dena, ada beberapa alasan penting konsumen dalam memilih suatu bank, antara lain jumlah dan sebaran lokasi ATM, jumlah kantor cabang dan pemilihan lokasi yang strategis.

"Banyaknya ATM direpresentasikan sebanyak 62 persen, banyaknya kantor cabang 61 persen serta lokasi yang strategis 56 persen," ujarnya dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (23/12/2014).

Sementara itu, masing-masing nasabah juga memiliki keinginan terhadap bank tempatnya menabung. Tiga keinginan utama dari nasabah antara agar bank menambah jumlah ATM-nya dengan persentase 55 persen, agar bank menambah jumlah kantor cabang sebanyak 36 persen serta agar bank memasang biaya administrasi dan biaya transaksi yang murah yaitu sebanyak 31 persen.

Survei bertajuk Bank Rapid Reaction Monitor ini melibatkan sebanyak 1.939 responden di 9 kota di Indonesia seperti Jakarta, Medan, Surabaya, Denpasar, Balikpapan, Bandung, Semarang, Palembang dan Makassar untuk mengetahui perilaku konsumen perbankan di dalam negeri.(Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.