Menko Maritim Minta Perbanyak Konten Lokal di Proyek Pemerintah

Oleh Achmad Dwi Afriyadi pada 19 Des 2014, 15:00 WIB
Diperbarui 19 Des 2014, 15:00 WIB
Menko Maritim Minta Konten Lokal Diperbanyak di Proyek Pemerintah
Perbesar
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman meminta optimalisasi kandungan konten lokal untuk pembangunan kilang minyak dan galangan kapal.

Liputan6.com, Jakarta - Proyek pemerintah ke depan mesti mengedapkan kandungan produk lokal sebanyak mungkin. Hal tersebut diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo dalam pertemuan Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) di Kantor Kementerian Bidang Perekonomian.

Dalam pertemuan tersebut, dia meminta mengoptimalkan kandungan konten lokal untuk pembangunan kilang minyak dan galangan kapal. Selain itu, konten lokal juga mesti digenjot untuk pembangunan listrik.

"Kita yang tempo hari 10 ribu megawatt kandungan lokal hanya 22 persen," kata dia, Jakarta, Jumat (19/12/2014).

Dia juga mengatakan, dengan oasokan komponen lokal lebih banyak menjadi kesempatan insinyur Indonesia supaya semakin kompetitif. Pasalnya, dalam 5 tahun k depan pemerintah kian rajin menggenjot pembangunan infrastruktur.

Namun begitu, pihaknya mengingatkan jangan sampai ketika pemerintah sedang menggenjot proyek pemerintah harus bertabrakan dengan peningkatan kualitas insinyur.

"Tentunya para insinyur satu mengembangkan diri, profesionalitas, secara bersamaan. Jangan sampai kemampuan masih harus ditingkatkan akhirnya proyeknya tersandera.  Saya akan bertemu persatuan insinyur Indonesia," tandas dia. (Amd/Nrm)