Sukses

7 Bisnis Miliarder Warren Buffet Sejak Umur 6 Tahun

Miliarder Warren Buffet dinobatkan sebagai orang terkaya kedua di dunia. Untuk mencapainya, Warren ternyata sudah kerja keras sejak kecil.

 
Liputan6.com, New York - Nama Warren Buffet tentu bukanlah nama yang asing. Pria pemilik perusahaan investasi Berkshire Hathaway Inc ini baru saja dinobatkan sebagai orang terkaya nomor dua di dunia mengalahkan miliarder asal Meksiko Carlos Slim.
 
Kepiawaiannya berbisnis membuat usaha yang dilakoninya terus berkembang. Maka tak heran, saham perusahaan yang berkantor pusat di Nebraska, Amerika Serikat ini melonjak sebanyak 27 persen pada tahun ini. 
 
Saat ini, kekakayaan Buffet diprediksi mencapai US$ 73,7 miliar atau setara Rp 918,8 triliun (kurs: Rp 12.467 per US$). Angka ini lebih tinggi US$ 300 juta atau rp 3,7 triliun di atas Slim.
 
Buffet memang bakat berbisnis. Di usianya 16 tahun pun dia telah menunjukan prestasinya dengan menghasilkan uang US$ 53 ribu atau setara Rp 660 juta dari usahanya. Namun begitu, tak banyak bahwa untuk memperolehnya Buffet telah memulai berbisnis sejak kecil.
 
Dikutip Lifehack, Sabtu (13/12/2014), berikut tujuh bisnis yang digeluti Buffet sejak masih berusia enam tahun:
 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dagang prangko

1. Penjual soda dan permen karet
 
Buffet melakukan bisnis pertama kalinya pada usia enam tahun. Dia melakukan penjualan pertama kali menjual bungkus permen karetnya, setelah itu pindah ke minuman soda Coca-Cola.
 
2. Jadi Pengantar Surat Kabar

Ayah Buffett pernah terpilih menjadi anggota parlemen AS saat dia masih remaja. Bersama keluarga, dia pindah ke Omaha.

Sebagai anak politisi, Buffett yang masih remaja justru tidak manja dan berusaha mencetak uang sendiri. Dia bekerja sebagai pengantar koran Washington Post.

Setiap bulan, Buffett bisa mencetak uang US$ 175 dari pekerjaannya mengantar koran. Jumlah itu bahkan lebih tinggi dari gaji guru-gurunya.

3. Penjual bola golf
 
Bersama dengan temannya, Stu Erickson, Buffet menjual bola golf di lapangan Elmwood Park. Mereka pernah mendapat masalah dengan polisi setempat. Namun begitu, orang tua Buffet tak keberatan. Mereka menyukai ambisi Buffet.
 
3 dari 3 halaman

 4. Berjualan kacang dan popcorn di pertandingan bola
 
Buffet pernah berjualan kacang dan popcorn di University of Omaha.
 
5. Pedagang Prangko 
 
Untuk mengeruk keuntungan, Buffet berjualan prangko untuk para kolektor di seluruh negeri. Tentu saja prangkonya laku keras
 
6. Mencetak uang dari mesin pinball
 
Buffet tak pernah kehabisan akal untuk menghasilkan pundi-pundi uang. Suatu ketika dia membeli mesin pinball rusak dengan harga US$ 25 dan dibawa ke temannya Don Danly untuk diperbaiki.
 
Kemudian mereka mulai mengoperasikan alat tersebut dan meminta seorang tukang cukur lokal menempatkan mesin itu di belakang tokonya. Hanya dalam satu hari beberapa pelanggan bermain dan menghasilkan US$ 4.
 
7. Cari uang di arena pacuan kuda tanpa judi
 
Dia bersama temannya Bob Russel terlalu muda untuk judi. Untuk dapat uang mereka bekerja sebagai tukang bersih di trek kuda. Di mana, mereka membersihkan tiket-tiket yang dibuang. (Amd/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini