Sukses

Perkuat Lini Bisnis, INKA Resmi Tambah Saham di Anak Usaha

Dengan kepemilikan saham mayoritas ini diharapkan akan mendukung lini bisnis INKA di industri perkeretaapian di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - PT INKA (Persero) secara resmi menambah saham di anak usahanya PT Railindo Global Karya sebesar 46 persen. Ini menjadikan perusahaan sebagai pemegang kendali utama.

Direktur Keuangan dan Sumber Daya Manusia (SDM) PT INKA‎ Mohamad Nur Sodiq mengungkapkan dengan kepemilikan saham mayoritas ini diharapkan akan mendukung lini bisnis INKA di industri perkeretaapian di Indonesia.

"Banyak hal strategis yang tidak bisa dilakukan sendiri oleh PT INKA (Persero), akuisisi di atas 90 persen dilakukan dalam rangka akselerasi transfer trading," kata Sodiq di Jakarta ‎Senin (1/12/2014).

Sebelumnya, PT INKA hanya memiliki 40 persen di PT RGK, sementara sisanya dimiliki Koperasi INKA sebesar 40 persen dan 11 persen Yayasan Keluarga Besar INKA.

Dengan penambahan saham tersebut maka kepemilikan INKA menjadi 95 persen dan 5 persen dimiliki Yayasan Keluarga Besar INKA.

Sodiq menyatakan, pengambilalihan sebagian saham PT RGK dimaksudkan untuk menjadikan PT INKA sebagai pemegang saham mayoritas PT RGK, sehingga PT RGK dapat menjadi alat untuk mendukung pengembangan bisnis PT INKA (Persero).  “Bagi jajaran direksi baru ini akan menjadi tantangan besar," tegasnya.

Dia berhararap, INKA dapat meraup kenaikan penjualan. Jika tahun ini target penjualan ditetapkan Rp 40 miliar, maka tahun 2015 diharapkan minimal target meningkat menjadi Rp 150 miliar. ‎

Pada RUPSLB yang diadakan minggu lalu, dilaksanakan pula serah terima Direksi  PT RGK. Di mana menetapkan, Direktur Utama  yang sebelumnya dijabat Anton Lutfi Rahmani, digantikan oleh Ng Made Punarbawa yang sebelumnya menjabat General Manager Finishing PT INKA (Persero).(Yas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.