Sukses

Kembangkan Sektor Kelautan dan Perikanan Perlu Jiwa Pengusaha

Perlu banyak langkah untuk mendorong agar sektor kelautan dan perikanan nasional agar terus maju.

Liputan6.com, Jakarta - Perlu banyak langkah untuk mendorong agar sektor kelautan dan perikanan nasional agar terus maju. Pengamat Ekonomi Universitas Padjajaran Ina Primiana menyatakan mendukung upaya Menteri Kelautan dan Perikanana (MKP) Susi Pudjiastuti untuk mengundangkan larangan bongkar muat di atas laut (transhipment).

Dengan langkah tersebut, kata dia akan mengurangi tindak pencurian ikan (ilegal fishing). Tak berhenti disitu, perlunya memanfaatkan yang memanfaatkan jalur-jalur yang dilewati oleh kapal-kapal besar.

"Misalnya yang dilewati ada pelabuhan singgah, mereka turun mereka nyaman, untuk wisata," kata dia saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Jumat (28/11/2014).

Jadi, dengan pengembangan wisata tersebut wilayah-wilayah yang dilewati turut berkembang perekonomiannya. Maka, ujarnya perlu dikemas supaya bisa menarik.

"Di jalur itu ada untuk mensejahterakan apakah wisata diperbaiki bisa menjadi tempat singgah," tutur dia.

Dia pun menekankan, untuk mendorong sektor kelautan dan perikanan diperlukan jiwa penguasaha. "Kita memanfaatkan jiwa enterpreneur, juga menikmati yang kita memiliki," tutup dia. (Amd/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini