Temui JK, Dubes Jepang Tertarik Proyek Tol Laut Jokowi

Oleh Luqman Rimadi pada 20 Nov 2014, 12:57 WIB
Diperbarui 20 Nov 2014, 12:57 WIB
Jusuf Kalla atau JK
Perbesar
Jusuf Kalla atau JK

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla melakukan pertemuan dengan Kepala Perwakilan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Yasuaki Tanizaki di Kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis, (20/11/2014).

Usai bertemu dengan JK, Dubes Tanizaki sempat mengatakan kedatangan menemui Wapres untuk membahas mengenai peningkatan kerja sama di bidang ekonomi, khususnya dalam bidang pembangunan infrastruktur.

"Kami membahas kerja sama ekonomi antar kedua negara khususnya program ekonomi yang menjadi prioritas Jokowi. Bagaimana Jepang memberi bantuan ekonomi khususnya pengembangan infrastruktur," ujar Tanizaki.

Tanizaki juga menyampaikan kepada JK mengenai ketertarikan pemerintah Jepang untuk ikut mengembangkan investasi di sektor pembangunan infrastruktur maritim yang merupakan salah satu sektor pembangunan yang menjadi prioritas di pemerintahan Jokowi-JK.

"Di bidang pembangunan listrik, pembangunan jalan tol, pelabuhan dan saluran air, termasuk mengenai tol laut," kata dia.

Tanizaki juga mengatakan, pertemuan dirinya dan JK merupakan bentuk pertemuan lanjutan dari Presiden Jokowi dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dalam forum APEC di Beijing, Cina beberapa hari lalu.

"Kemarin di Beijing kan Indonesia dan Jepang melakukan pertemuan tingkat tinggi, kami membahas maritim dan kali ini kembali dibahas, termasuk soal tol laut," ucapnya.

Ia menyampaikan, sebagai bagian dari tindak lanjut pertemuan sebelumnya, pemerintah Jepang juga telah membuka komunikasi dengan beberapa pengusaha di Jepang untuk menanamkan investasinya di Indonesia. 

"Intinya bagaimana kerja sama nyata antar kedua negara bisa dibentuk," katanya. (Ndw)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya