Sukses

Tiga Menteri Jokowi Kompak Gelar Lelang Jabatan Eselon I

Tiga kementerian menggelar lelang jabatan eselon I dalam waktu dekat ini.

Liputan6.com, Jakarta - Demi menempatkan orang-orang terbaik dan profesional di bidangnya, tiga kementerian menggelar lelang jabatan eselon I dalam waktu dekat ini. Ketiga instasi tersebut yaitu Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Kementerian Perhubungan.

Pengisian jabatan di lingkungan Kemenkeu ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara serta Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 3 Tahun 2014.

Kemenkeu membuka kesempatan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pusat dan Daerah  yang memenuhi syarat untuk  untuk mengisi empat jabatan eselon I melalui seleksi terbuka.

Keempat jabatan eselon I di kementerian yang dipimpin Bambang Brodjonegoro tersebut adalah Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak, Kepala Badan Kebijakan Fiskal, Staf Ahli Bidang Organisasi, Birokrasi dan Teknologi Informasi serta Staf Ahli Bidang Penerimaan Negara.

Pendaftaran dilakukan mulai 12 November 2014 sampai dengan 21 November 2014 secara online pada website www.kemenkeu.go.id atau www.seleksijabatan-terbuka.kemenkeu.go.id.

Pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) menyambut baik lelang jabatan yang dibuka Kemenkeu untuk empat posisi, termasuk Dirjen Pajak. Upaya ini mendorong transparansi dan akuntabilitas dalam proses rekrutmen pejabat negara.

Ketua APINDO, Sofjan Wanandi mengungkapkan, lelang jabatan di Kemenkeu bertujuan untuk mencari para pelayan publik yang tepat dan terbaik.

"Semua Eselon I dan II harus diseleksi oleh tim supaya yang masuk adalah orang-orang yang right man in the right place. Jadi bukan diisi sama orang partai yang sebenarnya tidak qualified," papar dia

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

ESDM dan Kemenhub

Begitupun Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said akan melelang jabatan pejabat eselon I atau setingkat Dirjen dan Kepala Badan di lingkungan Kementerian ESDM. Jabatan pertama yang dilelang yaitu posisi Dirjen Migas.

Sudirman mengungkapkan dirinya ingin terus melakukan penyegaran organisasi di berbagai tingkatan, tidak hanya di tingkat eselon I.

Penyegaran ini akan diatur dengan cara yang baik, salah satunya adalah berdasarkan usulan dari beberapa pejabat eselon I di lingkungan Kementerian ESDM agar dilakukan lelang jabatan.

“Kami ingin menempatkan orang-orang terbaik, profesional dan caranya ya (melalui) lelang,” ujarnya.

Sisi positif mekanisme lelang jabatan, lanjut Sudirman, memberikan sense of responbility terhadap pejabat tersebut. Tidak hanya sebatas kesanggupan menjalankan tugas, tetapi juga kemampuan melaksanakan tanggung jawabnya.

Mekanisme lelang jabatan ini akan dikaji oleh Sekjen Kementerian ESDM beserta timnya. Diharapkan dalam waktu 2 bulan, mekanisme lelang ini sudah dapat diselesaikan. “Mudah-mudahan sebelum akhir tahun kita sudah punya organisasi yang lebih segar,” kata Sudirman.

Sementara itu,  Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan memastikan  akan melakukan lelang jabatan untuk pejabat Eselon I dan II di Kemenhub. "Kita akan lelang (jabatan)," ucap dia.

Sayang mantan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) itu enggan membeberkan posisi apa saja yang bakal dilelangkan secara terbuka. "Itu bukan untuk konsumsi publik," tegas Jonan. (Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini