Sukses

Tiga Bahan Pangan Jadi Target Swasembada di Era Jokowi-JK

Presiden Jokowi meminta menteri pertanian untuk segera membenahi sistem pertanian di Indonesia agar tercapai swasembada tiga bahan pangan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menargetkan selama tiga tahun di masa kepemimpinannya akan tercapai swasembada terutama untuk sejumlah bahan pangan.

"Kita akan utamakan beras, kedelai, dan jagung, pada tahun ke empat atau lima baru masuk ke gula dan selanjutnya daging," kata Jokowi di Hotel Four Season, Jakarta, Jumat (7/11/2014).

Untuk itulah dirinya mengaku telah memasang target kepada para menteri terkait dalam hal ini salah satunya menteri pertanian untuk segera membenahi sistem pertanian di Indonesia.

Pembenahan tersebut juga akan didukung dengan perbaikan sarana irigasi. Jokowi menuturkan, sebanyak 52 persen saluran irigasi di Indonesia sudah rusak.

Dirinya juga berpesan kepada seluruh pimpinan baik pusat maupun daerah untuk lebih bersinergi dalam membangun sarana irigasi tersebut dari hulu hingga hilir secara bersamaan.

"Waduk itu yang bangun pemerintah pusat, nanti masuk saluran irigasi itu sudah di bagi-bagi, ada yang pemerintah provinsi, ada yang pemerintah kota, di sini yang sering tidak jalan. Jadi kita harus kompak, bagaimana itu bisa selesai bareng semuanya. Bagaimana mau swasembada kalau ini tidak diperbaiki secepatnya," papar Jokowi.

Jokowi menyampaikan akan membangun setidaknya 11 waduk/bendungan yang tersebar di seluruh Indonesia dalam dua tahun ke depan. (Yas/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini