Sukses

Gairahkan Ternak Domba Batur, Pemkab Banjarnegara Bikin Kontes

Domba Batur memang dikembangbiakan di wilayah Dieng dan sekitarnya dengan suhu yang relatif dingin.

Liputan6.com, Banjarnegara - Domba Batur adalah domba peranakan asli Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah yang dikembangkan sejak beberapa tahun terakhir. Sejumlah keunggulan dimiliki domba Batur ini, seperti bulunya yang tebal sebagai penghasil wool, dan bobotnya yang dapat mencapai 100 kilogram yang diincar sebagai penghsil daging.

Guna menggairahkan ternak unggulan Kabupaten Banjarnegara ini, Minggu (02/11/2014) Pemerintah Kabupaten setempat menggelar Kontes Domba Batur yang dihelat di Kompleks Candi Dieng, Banjarnegara. Sebab, Domba Batur memang dikembangbiakan di wilayah Dieng dan sekitarnya dengan suhu yang relatif dingin.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan (Dintankannak) Kabupaten Banjarnegara Arifin Romli mengatakan, kontes Domba Batur merupakan ajang promosi ternak domba Batur serta untuk gairah masyarakat untuk bertani dan memelihara domba Batur.

“Melalui kontes ini juga untuk melestarikan domba Batur sebagai plasma nutfah asli Banjarnegara,” Kata Arifin.

Kontes Domba Batur diikuti 214 peserta dari Kecamatan Batur, Pejawaran, Wanayasa, dan sekitarnya.

“Untuk menjadi kontestan terbaik peserta domba batur peserta harus memenuhi kriteria diantaranya kondisi sehat dan normal. Warna bulu dominan putih dan menutupi tubuh termasuk muka,” kata Arifin.

Bupati Banjarnegara Sutedjo Slamet Utomo berharap kontes domba Batur dapat menjadi daya tarik wisata baru di Dataran Tinggi Dieng. (Idhad Zakaria/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini