Sukses

Miliarder China Sumbang Rp 102 Miliar Buat Yale University

Pemilik SOHO Pan Shiyi dan Zhang Xin menyumbangkan uang senilai Rp 120,8 miliar bagi mahasiswa yang membutuhkan di Yale University.

Liputan6.com, Beijing - Kekayaan yang berlimpah ternyata tidak menggelapkan hati pasangan miliarder asal China untuk tetap berbagi pada sesama. Baru-baru ini, pasangan pemilik perusahaan properti global SOHO, Pan Shiyi dan Zhang Xin, menyumbangkan uang senilai US$ 10 juta atau Rp 120,8 miliar (estimasi kurs: Rp 12.084 per dolar AS) pada mahasiswa yang membutuhkan di Yale University Amerika Serikat (AS).

Mengutip laman Forbes, Jumat (31/10/2014). kedua pengusaha properti ini memang berkomitmen menyalurkan dana bantuan pendidikan pada para mahasiswa China di luar negeri.

Melalui SOHO China Foundation, keduanya akan menyalurkan bantuan hingga senilai US$ 100 juta atau setara Rp 1,2 triliun secara berkala untuk program tersebut.

Selain itu, sumbangan berupa beasiswa itu juga ditujukan pada pelajar siswa yang ingin mengenyam pendidikan di universtitas asing. Pasangan suami istri ini memang telah lama menyumbangkan uangnya sebagai gerakan menyokong pendidikan.

Pada Juli, pasangan ini juga pernah menggelontorkan dana senilai US$ 15 juta untuk Harvard University. Donasi tersebut diberikan dengan tema `SOHO China Scholarship`.

Kesepakatan pengguliran donasi tersebut ditandatangai Pan dan Presiden Yale University di Beijing, China yang merupakan markas SOHO.

Sekadar informasi, pasangan konglomerat itu kini menempati peringkat ke-30 sebagai orang terkaya di China. Keduanya memiliki total kekayaan mencapai US$ 3,7 miliar.

Pasangan ini juga terkenal tidak senang memanjakan anak-anaknya dengan harta. Anaknya tetap harus berjuang dan belajar bekerja keras untuk mencapai apa yang diinginkannya. (Sis/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini