Sukses

Ingin Punya Uang Buat Seumur Hidup? Ini 4 Caranya

Bekerja keras saat muda kadang tak cukup memenuhi kebutuhan di masa tua. Ini dia 4 cara agar Anda punya cukup uang buat seumur hidup

Liputan6.com, New York- Selama bekerja, para pegawai biasanya tidak perlu khawatir memikirkan pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari. Tentu saja karena setiap bulan, para pegawai mengantongi pendapatan tetap.

Mengutip laman Wall Street Journal, Kamis (30/10/2014), para pegawai justru harus sejak dini mengkhawatirkan kecukupan dana hidup di masa tua. Terlebih lagi setelah pensiun banyak orang yang tak lagi mendapat pendapatan per bulan karena dibayarkan secara paket oleh perusahaan.

Hati-hati, uang Anda tak cukup untuk menopang kebutuhan seumur hidup. Berikut empat cara agar Anda bisa memiliki cukup uang seumur hidup:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pangkas pengeluaran


1. Pangkas pengeluaran

Pengeluaran saat masih bekerja dan usai pensiun tentu berbeda. Hati-hati, ada beberapa pengeluaran yang seharusnya dipangkas agar tidak membuat Anda kewalahan di hari tua.

Pastikan Anda tidak boros dan dapat mengendalikan pengeluaran. Jika tidak, dana pensiun yang dimiliki tak akan cukup mememuhi berbagai kebutuhan hidup selama sisa hidup tanpa kerja.

3 dari 5 halaman

uang pensiun


2. Meminta pensiun dibayarkan per bulan

Banyak perusahaan yang tidak mau mengambil risiko keluar uang lebih banyak dengan membayar dana pensiun pegawai setiap bulan. Sebaiknya Anda melakukan tawar menawar agar perusahaan tidak memberikan paket pensiun Anda sekaligus.

Meskipun jumlahnya seringkali menggiurkan, tapi Anda tidak tahu kebutuhan finansial yang akan menghadang di masa depan.

4 dari 5 halaman

Menabung

3. Menabung jangka panjang

Banyak orang yang hidup lebih panjang dari usia yang diprediksinya. Itulah mengapa Anda perlu menyimpan dana lebih dari kisaran usia pada umumnya baik wanita maupun pria.

Sebagian pensiun kadang tidak memiliki cukup uang untuk bertahan karena ternyata usianya lebih panjang dari prediksi. Jadi pastikan Anda memiliki uang lebih untuk bertahan hidup di masa tua.

5 dari 5 halaman

Anak cucu

4. Jangan habiskan uang untuk anak cucu

Saat pensiun nanti, jaga aset yang tersisa baik-baik. Memang banyak orangtua yang ingin memberikan uang pada anak atau cucunya.

Tapi saat Anda baru memasuki usia pensiun, sebaiknya jangan terlalu baik dalam waktu terlalu cepat. Biarkan anak dan cucu Anda berusaha sendiri memenuhi kebutuhannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini