Sukses

Ini Strategi Menteri Pertanian Wujudkan Swasembada Pangan

Kementerian Pertanian akan menerapkan skala prioritas untuk beberapa komoditas yaitu padi, Jagung, kedelai dan gula.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) telah memiliki strategi khusus untuk mencapai swasembada pangan. Meski tak menjelaskan secara detil, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan akan mendorong fasilitas pendukung pertanian.

"Dalam swasembada pangan adalah irigasi, bibit, pupuk, mekanisasinya penting dan jaminan pasar," kata dia di Jakarta, Selasa (28/10/2014).

Andi juga mengatakan, Kementerian Pertanian akan menerapkan skala prioritas untuk beberapa komoditas tertentu. Paparnya, dia akan menggenjot padi, jagung, kedelai, dan gula.

Pihaknya mengaku belum bisa menargetkan pencapaian swasembada. Dia berharap akan diraih dalam waktu dekat. "Doakan mudah-mudahan 3 tahun atau tahun ke depan sudah tercapai swasembada," jelasnya.

Dalam program kedaulatan pangan, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla akan memperbaiki irigasi dan jaringan irigasi yang rusak di tiga juta sawah dalam visi misinya untuk menciptakan kedaulatan pangan.

Dia akan mencetak sejuta hektar lahan sawah baru di luar Jawa. Lalu mendirikan bank petani serta usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). (Amd/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini