Sukses

Langkah Jokowi Majukan Maritim Menuai Pujian

Politisi Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita memuji program Presiden Jokowi untuk memajukan poros maritim sebagai motor ekonomi RI.

Liputan6.com, Jakarta - Politisi Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita memuji program presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) untuk memajukan poros maritim sebagai motor perekonomian Indonesia. Pasalnya, potensi dari sektor tersebut sangat besar.

"Dalam pandangan saya, poros maritim itu harus dan perlu jadi lokomotif pembangunan karena turunannya banyak," kata dia di Gedung MPR/DPR RI, Jakarta, Senin (20/10/2014).

Dia pun yakin jika Jokowi bakal serius membangun sektor tersebut. Pasalnya beredar kabar jika Jokowi bakal mendirikan kementerian koordinator khusus untuk sektor ini.

"Beliau memutuskan yang saya baca di koran, akan ada menko untuk maritim, itu keputusan yang tepat," tukas dia.

Pada hari ini, Jokowi dan Jusuf Kalla resmi dilantik hari ini menjadi presiden dan wakil presiden periode 2014-2019. Pelantikan diagendakan berlangsung pada pukul 10.00 WIB.

Dalam visi-misinya untuk pengembangan maritim, Jokowi berencana membangun 10 pelabuhan baru. Lalu mengembangkan industri perkapalan di dalam negeri untuk menyediakan sarana transportasi yang aman, efisien dan nyaman.

Pemerintah di bawah Jokowi juga akan mengembangkan rute kapal laut yang menghubungkan seluruh kepulauan di Indonesia secara efisien termasuk pulau-pulau terisolasi. (Pew/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.