Sukses

RNI Rekrut 25 Pemuda Indramayu Jadi Peternak Sapi

Manajemen RNI akan merekrut 25 pemuda untuk menjadi peternak plasma sapi dalam rangka mengembangkan bisnis peternakan di Indramayu.

Liputan6.com, Jakarta - PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) Persero akan mengembangkan bisnis peternakan sapi di Indramayu, Jawa Barat untuk memperkuat industri pangan nasional. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu akan merekrut puluhan tenaga muda menjadi peternak plasma sapi.

Direktur Utama RNI, Ismen Hasan Putro mengungkapkan, penerimaan calon peternak plasma sapi akan berlangsung pada akhir tahun ini. Upaya tersebut sejalan dengan rencana pengembangan plasma sapi di Indramayu dan sekitarnya.

"Kami akan merekrut 25 pemuda tangguh untuk menjadi peternak plasma sapi. Masing-masing orang akan menerima 6 ekor sapi," ucap dia dalam keterangan resminya di Jakarta, Minggu (19/10/2014).

Ismed menuturkan, langkah ini merupakan proyek pengembangan sumber daya manusia dalam jangka panjang. Hasil dari peternakan plasma sapi, Ismed menjelaskan akan digunakan para anak muda tersebut sebagai modal usaha.

"Bisa dipakai untuk modal usaha, seperti budidaya lele, beternak ayam dan sebagainya. Jadi proyek pengembangan masyarakat di sekitar unit usaha RNI dapat terintegrasi," sambungnya.

Dia mengaku, pihaknya serius untuk memperkuat industri pangan dalam negeri. Komitmen tersebut ditunjukkan melalui perbaikan produksi pabrik-pabrik Rajawali II.

"Ke depan, kami akan semakin gencar melakukan diversifikasi produksi hasil olahan tebu. Yakni mengkonversi produk turunan tebu menjadi ethanol atau biodiesel. Sehingga ketika harga gula sedang jatuh, kami bermanuver produksi lain yang harganya sedang bagus di pasaran," terang Ismed.

Selama ini, tambah dia, RNI mengandalkan bisnis gula sekira 56 persen sehingga perusahaan pelat merah ini akan mengembangkan pabrik gula rafinasi. "Intinya perbaikan produksi, pembaharuan untuk menghasilkan produk-produk bernilai tambah dan memberi pemasukan bagi perusahaan," ucap Ismed.

Jatitujuh merupakan pabrik gula dan perkebunan tebu milik RNI yang terbesar di Jawa Barat. Total luas lahan mencapai 11.900 hektare (ha) dengan kapasitas produksi sebesar 4.500 TCD.

Pabrik gula Jatitujuh juga berada di bawah anak Rajawali II Cirebon yang memiliki 6 pabrik gula. Antara lain, pabrik gula Sindang Laut, Karang Suwung, Tersana Baru, Jati Tujuh, pabrik gula Subang dengan total kapasitas produksi 14 ribu TCD.(Fik/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini