Sukses

Tarif Batas Atas Pesawat Tekan Kinerja Garuda Indonesia

Rupiah melemah dan tarif batas atas pesawat memberikan tekanan bagi kinerja PT Garuda Indonesia Tbk.

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) mengakui melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) memukul kinerja perusahaan. Ditambah tarif batas atas pesawat yang membuat perseroan mati langkah untuk mengatasi permasalahan itu.

"Dan yang susahnya itu kami juga tidak bisa menaikkan harga tiket karena ada plafon," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Sattar, di Jakarta, Jumat (10/10/2014).

Selain itu, separuh pendapatan Garuda Indonesia juga diperoleh dengan mata uang dolar. Namun hal itu tak bisa meraih keuntungan karena sebanyak 70 persen pengeluaran juga memakai dolar AS.

"Hampir setengah pendapatan dalam dolar. Tapi biaya kami hampir 70 persen dalam dolar AS. Kalau rupiah melemah, itu semua akan sangat berpengaruh pada kinerja airlines karena pendapatan kita itu tidak akan cukup untuk menutupi kebutuhan terhadap dolar," lanjut dia.

Dia menuturkan, dari pengeluaran avtur mendominasi pengeluaran maskapai dengan porsi mencapai 40 persen. "Itu sudah komponen-komponen terbesar. Biaya avtur aja itu hampir lebih dari 40 persen dari biaya operasional," tukas dia.

Saat ditanya soal besaran kerugian, Emirsyah mengaku enggan menjawab. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini