Sukses

Demi Duit, RI Asyik Jualan Energi ke Luar Negeri

Saat negara lain menjadi importir energi untuk ketahanan energi, Indonesia justru melakukan ekspor hanya demi pemasukan negara.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini negara lain sedang berlomba-lomba mengimpor sumber energi untuk menjaga ketahanan energi. Berbeda, Indonesia masih justru masih terus-menerus mengekspor energi hanya demi mengejar pendapatan negara.

Anggota Dewan Energi Nasional (DEN), Tumiran mengatakan, Indonesia terus-menrus melakukan ekspor energi meskipun saat ini sumber energi yang didapat dari perut bumi tersebut sudah menciut jumlahnya.

"Cadangan gas Indonesia sekarang hanya 2,6 persen dari cadangan di seluruh dunia tapi Indonesi masih menjaid eksportir terbesar ke delapan di dunia. Untuk batu bara Indonesia jadi eksportir terbesar di dunia," katanya dalam sebuah seminar, di Jakarta, Kamis (9/10/2014).

Tumiran melanjutkan, apa yang dilakukan oleh pemerintah terkait kebijakan energi tersebut patut disayangkan. Pasalnya, saat negara lain menjadi importir energi untuk ketahanan energi, Indonesia justru melakukan ekspor hanya demi pemasukan negara.

"Di Asia, Indonesia negara pengekspor. Lihat negara lain tidak ada ekspor energi, China, Jepang mereka impor energi," tuturnya.

Jepang telah menimbun gas alam cair atau Liquid Natural Gas (LNG) yang berasal dari Indonesia di dalam sebuah bukit, hal tersebut bertujuan agar ketahanan energi Jepang tetap terjaga meski negara tersebut sebenarnya tidak memiliki sumber energi gas.

"Artinya dia punya energy security, artinya dalam satu tahun tidak dapat pasokan energi dia bisa bertahan," tutupnya. (Pew/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini