Sukses

Upaya Pemerintah Jaga Defisit Anggaran

Pemerintah mengharapkan setiap Kementerian/Lembaga dapat melakukan penghematan anggaran untuk menjaga defisit anggaran.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) meyakini target defisit anggaran 2,4 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) 2014 dapat tercapai.

Pasalnya pemerintah telah mengupayakan langkah lain selain dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) yakni  pemangkasan jatah kementerian /lembaga (KL) sebanyak Rp 43 triliun.

Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu, Askolani menuturkan, Kementerian/Lembaga juga harus melakukan penghematan melalui pemangkasan kegiatan agar target defisit anggaran tercapai.

"Penghematan itu bisa kita lanjutan setelah APBNP, makanya Menkeu telah mengingatkan ke semua KL minta dilanjutkan langkah penghematan dari kegiatan rutinnya, misal perjalanan dinasnya, rapatnya," kata dia, Jakarta, Rabu (8/10/2014).

Lalu, dia meminta Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) untuk mengawasi jalannya penghematan tersebut. Di sisi lain dia menjelaskan penyerapan anggaran memang tidak maksimal bisa terserap.  Dia menerangkan, selama empat tahun terakhir hanya terserap 90 hingga 92 persen.

Penyerapan anggaran tidak sampai 100 persen jangan hanya dimaknai negatif. Bagi Askolani, hal terpenting adalah realisasi penyerapan anggaran tersebut.

"Misalnya pengadaan barang dan jasa, misalnya pagunya 10 finalnya hanya 5 itu hal yang positif loh. Jangan katakan negatif yang penting outputnya tercapai," tutup dia. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini