Pengembangan Bandara Husein Sastranegara Selesai 2015

Oleh Nurmayanti pada 29 Sep 2014, 14:51 WIB
Diperbarui 29 Sep 2014, 14:51 WIB
Pengembangan Bandara Husein Sastranegara
Perbesar
(Foto: Bandara Husein Sastranegara/ Angkasa Pura II)

Liputan6.com, Jakarta - PT Angkasa Pura II (Persero), pengelola 13 bandara utama di wilayah Barat Indonesia, melakukan seremonial groundbreaking pengembangan Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat pada Senin (29/9/2014).

Bandara Husein Sastranegara dikembangkan mengarah kepada konsep "Modern yet Traditional" dengan desain bangunan baru terminal terinspirasi arsitektur tradisional atap rumah khas Jawa Barat yakni Leuit  dan Julang Ngapak, serta senjata tradisional Jabar yaitu Kujang.

Nuansa warna biru indigo juga akan menghiasi bandara Husein Sastranegara, diambil dari warna yang dihasilkan tanaman tarum. Tanaman ini merupakan penghasil alami warna biru indigo, dan sering digunakan oleh masyarakat Sunda jaman dulu untuk mewarnai pakaian.

Proyek pengembangan ditargetkan usai dalam waktu 12 bulan sejak groundbreaking, mencakup renovasi dan perluasan terminal penumpang dari luas eksisting 5.000 m2 menjadi 17.000 m2 dengan nilai pekerjaan mencapai Rp 139 miliar.

Seiring dengan diperluasnya terminal, kapasitas tampung terminal juga meningkat  menjadi 3,4 juta penumpang per tahun atau jauh lebih tinggi dibandingkan dengan saat ini hanya 750.000 penumpang.

Adapun pada 2013 jumlah pergerakan penumpang di bandara Husein Sastranegara telah mencapai 2,46 juta penumpang atau sekitar 300% melebihi kapasitas yang ada.

"Semangat dari pengembangan ini adalah menjadikan bandara Husein Sastranegara sebagai kebanggaan dan ikon Bandung selain tentunya menjaga tingkat pelayanan di tengah pertumbuhan jumlah penumpang pesawat yang cukup cepat," jelas Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Tri S. Sunoko.

Selain itu, PT Angkasa Pura II (Persero) juga mempersiapkan area komersial yang cukup luas guna meningkatkan kontribusi pendapatan non aero di Bandara Husein Sastranegara.

Setelah pengembangan, area komersial di bandara Husein Sastranegara mencapai sekitar 3.000 m2 atau jauh lebih luas dibandingkan dengan eksisting hanya 500 m2.

Pada 2014, diperkirakan pergerakan penumpang internasional dan domestik di bandara Husein Sastranegara mencapai 3,08 juta penumpang. Maskapai yang beroperasi di bandara ini antara lain AirAsia, Lion Air, Garuda Indonesia, Citilink, Express Air, Silk Air, Wings Air, Susi Air, dan Tiger Air.   

Bandara Husein Sastranegara memiliki satu landas pacu atau runway berukuran 2.500 m x 45 m yang bisa mengakomodir penerbangan dengan pesawat sekelas Boeing 737-800 NG, Airbus A320, dan Boeing 737-900 ER.

"Melalui pengembangan yang akan menambah kapasitas terminal diharapkan masyarakat Bandung dan sekitarnya dapat mendapatkan pelayanan yang optimal di bandara Husein Sastranegara," jelas GM bandara Husein Sastranegara Yayan Hendrayani.

Pengembangan Bandara Husein Sastranegara merupakan bagian dari  komitmen PT Angkasa Pura II (Persero) untuk melakukan pengembangan di setiap bandara yang dikelolanya guna mencapai target menjadi world class airport company pada 2016. (Nrm/Ahm)

Video Pilihan Hari Ini

BERANI BERUBAH: Sayur Online Rezeki Puasa