Sukses

Diresmikan SBY 15 September, Bandara Sepinggan Ganti Nama

Bandara tersebut juga akan berganti nama menjadi Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Chairul Tanjung (CT) memastikan Presiden Susilo Bambang Yudhyono (SBY) akan meresmikan terminal baru Bandara Sepinggan, Balikpapan. Bandara tersebut juga akan berganti nama menjadi Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman.

"Peresmian Bandara Sepinggan di Kalimantan akan diresmikan Presiden SBY pada 15 September 2014. Dan malamnya akan rapat koordinasi (rakor) dengan Gubernur Kalimantan, karena saya sudah menggelar rapat dengan 21 Gubernur sampai saat ini," ujar dia di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (19/9/2014).

Bandara Sepinggan, kata CT, juga akan berganti nama menjadi Sultan Aji Muhammad Sulaiman. Sultan Aji termasuk salah satu Pahlawan Nasional dari daerah tersebut.

"Dia Pahlawan dari Kalimantan. Wajar saja kalau mereka ingin mengabadikan nama pahlawan dari Kalimantan Timur sebagai nama dari bandar udaranya," terang dia.

Sekadar informasi, penggantian nama dari Sepinggan menjadi Sultan Aji Muhammad Sulaiman sebelumnya menjadi perdebatan panjang antara pemerintah daerah dengan DPRD setempat.

Namun Sepinggan telah berbenah diri dan menjadi salah satu bandara internasional yang bakal dikenal dunia penerbangan luar negeri.

PT Angkasa Pura membangun ulang terminal bandara Sepinggan selama periode 2012-2013 dengan dana Rp 2 triliun untuk gedung empat lantai. Luasnya mencapai 110 ribu meter persegi.

Terminal baru ini dapat menampung kapasitas penumpang hingga 10 juta orang per tahun atau jauh di atas kapasitas terminal lama sebanyak 1,6 juta penumpang per tahun. (Fik/Nrm)

 

 

* Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini