Sukses

Harga Avtur RI Paling Mahal di ASEAN

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan harga avtur mahal.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Indonesian National Air Carriers Association (INACA)  Arif Wibowo mengungkapkan, selain terbebani biaya kompenen impor imbas depresiasi rupiah, industri penerbangan juga kini harus menanggung biaya harga avtur yang besar.

Bahkan,  harga avtur Indonesia paling tinggi di antara negara ASEAN. "Biaya avtur Indonesia kira-kira 13 persen di atas negara ASEAN," kata dia, Jakarta, Jumat (5/9/2014).

Arif menerangkan terdapat beberapa faktor yang menyebabkan harga avtur mahal. Mulai dari  banyaknya titik distribusi  yang tidak diimbangi jumlah kilang minyak.

"Kontruksi dipengaruhi kondisi geografis. Avtur kita tersebar 62 lokasi. Kilang minyak terbatas hanya sekitar 3," lanjutnya.

Tak hanya itu, yang menyebabkan biaya tinggi adalah pungutan yang dibebankan pada avtur melalui BPH Migas sebanyak 0,3 persen. Padahal pungutan tersebut dinilai tak perlu.

Dia mengatakan, seharusnya pemerintah turut mendorong industri penerbangan dalam menghadapi penerbangan bebas atau open sky yang berlangsung tahun depan. Caranya, antara lain dengan menekan harga avtur. (Amd/Nrm)

 

*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini