Sukses

Kini Calon Nasabah BRI Bisa Seperti Teller

BRI menyediakan mesin hybrid untuk memudahkan calon nasabah membuka rekening dengan menempelkan e-KTP di mesin tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk/BRI memperkenalkan layanan terbarunya guna meningkatkan pelayan bagi para nasabah dan calon nasabah bank tersebut.

Direktur Bisnis Konsumer BRI, Agus Toni Sutirto mengatakan, layanan baru ini berupa mesin self service yang bisa digunakan calon nasabah BRI yang ingin membuka rekening sendiri di bank BUMN ini.

"Jadi mesin Hybrid ini sangat memudahkan nasabah, karena nasabah yang ingin buka rekening hanya perlu menempelkan e-KTP-nya di mesin ini, langsung diproses," ujar Agus perayaan Hari Pelanggan Nasional di Gedung BRI 2, Jakarta, Kamis (4/9/2014).

Dia menjelaskan, mesin ini akan mempersingkat proses pembukaan rekening baru. Untuk biaya administrasi dan setoran awal tetap sama seperti membuka rekening melalui costumer service di kantor cabang.

"Jadi mesinnya ini untuk buka rekening baru. Waktunya cuma 4 menit selesai pakai e-KTP dan untuk biaya administrasi sama seperti buka rekening biasa," lanjut dia.

Menurut Agus, mesin ini juga merupakan hasil kerjasama Bank BRI dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam hal pemanfaatan e-KTP dalam dunia perbankan. "Untuk penggunaan e-KTP kita sudah bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri," terangnya.

Saat ini, mesin tersebut baru tersedia di beberapa kantor cabang BRI seperti di Kantor Cabang Khusus (KCK) Gedung BRI 2. Namun ke depannya, akan terus dikembangkan di berbagai kantor cabang Bank BRI di seluruh Indonesia.

"Nantinya akan ada di semua cabang, nantinya akan dibuka di beberapa cabang di kota-kota besar, karena ini self service banking (SSB) jadi hanya di kantor cabang yang terletak di kota-kota besar. Mungkin jumlahnya akan sampai 200 unit," tandasnya. (Dny/Ahm)

 

*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini